PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK TERHADAP TINGKAT KETIDAKPUASAN BENTUK TUBUH (BODY DISSATISFACTION) SISWI KELAS X IPA DI SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Suprateman, Aziza Agustina and I Wayan, Dharmayana and Afifatus, Sholihah (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK TERHADAP TINGKAT KETIDAKPUASAN BENTUK TUBUH (BODY DISSATISFACTION) SISWI KELAS X IPA DI SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
CD AZIZA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil lapangan adanya ketidakpuasan terhadap bentuk tubuh pada siswi di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh self talk terhadap penurunan tingkat ketidakpuasan terhadap bentuk tubuh. Jenis penelitian ini ialah eksperimen one group pretest posttest design dengan populasi 104 siswi kelas X IPA SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah 7 orang siswi. Data diperoleh dengan kuesioner ketidakpuasan bentuk tubuh yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data di analisis dengan uji t (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan penurunan tingkat ketidakpuasan bentuk tubuh dari rata-rata skor 108 (dalam kategori sangat tinggi) menurun menjadi 78 (kategori rendah). Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung sebesar 7.231 (p <0.025) ini berarti pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self talk terbukti berpengaruh terhadap menurunnya tingkat ketidakpuasan bentuk tubuh siswi. Kata kunci : ketidakpuasan bentuk tubuh, konseling kelompok, teknik self-talk

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:38
Last Modified: 21 Sep 2023 07:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16168

Actions (login required)

View Item View Item