PELEPASAN SEBAGIAN HAK PENGELOLAAN PT.(PERSERO) PELINDO II KEPADA MASYARAKAT KELURAHAN SUMBER JAYA KECAMATAN KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU

OGIE, SUGANDA and Hamdani, Maakir and M. Yamani, Yamani (2020) PELEPASAN SEBAGIAN HAK PENGELOLAAN PT.(PERSERO) PELINDO II KEPADA MASYARAKAT KELURAHAN SUMBER JAYA KECAMATAN KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
SKRIPSI_Ogie Suganda_NPM B1A016238.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan penguasaan secara sepihak dan tanpa ada koordinasi dengan pihak PT.(Persero) Pelindo oleh masyarakat terhadap tanah yang merupakan Hak Pengelolaan milik PT.(Persero) Pelindo II Cabang Bengkulu, Masyarakat yang telah lama menguasai tanah tersebut berusaha untuk mendapatkan tanah itu dengan mengajukan usulan kepada Kelurahan Sumber Jaya dan diteruskan sampai kepada Menteri BUMN yang di lanjutkan kepada PT.(Persero) Pelindo II agar dapat membebaskan tanah tersebut sehingga dapat dimiliki secara sah oleh masyarkat.Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana pelaksanaan pelepasan Hak Pengelolaan PT.(Persero) Pelindo II Cabang Bengkulu kepada masyarakat Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, dan apa akibat hukum dari pelepasan sebagian Hak Pengelolaan PT.(Persero) Pelindo II Cabang Bengkulu. Penelitian ini bertujuan, Untuk mengetahui pelaksanaan Pelepasan Hak Pengelolaan PT.(Persero) Pelindo II Cabang Bengkulu kepada Masyarakat Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, dan untuk mengetahui akibat hukum dilepaskan sebagian Hak Pengelolaan PT.(Persero) Pelindo II Cabang Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukan telah terselesaikannya sengketa tanah antara PT.(Persero) Pelindo II Cabang Bengkulu kepada masyarakat Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu melalui pelepasan sebagian Hak Pengelolaan oleh PT.(Persero) Pelindo II Cabang Bengkulu dengan di keluarkannya Surat Pernyataan Pelepasan Hak Nomor : 01/ 17.71.HP.02.03/ II/ 2019 tanggal 26 febuari 2019. Akibat hukum yang terjadi dalam pelepasan Hak Pengelolaan ini yaitu, adanya Sertipikat Hak Milik di dalam area Hak Pengelolaan PT.(Persero) Pelindo II, area Hak Pengelolaan yang dimiliki PT.(Persero) Pelindo II berkurang karena dilepaskan seluas 12,18 Ha, merubah isi RIPN dan RIP PT.(Persero) Pelindo II dan sampai sekarang, perubahannya belum ditetapkan, mengurangi sengketa tanah, dan kewajiban Pemerintah Kota Bengkulu untuk mengurus dan menjaga fasilitas umum sebagai aset yang di dapatkan berdasarkan hibah Hak Pengelolaan PT.(Persero) Pelindo II. Kata Kunci : Pelepasan, Hak Pengelolaan, PT Pelindo II, Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 21 Sep 2023 06:33
Last Modified: 21 Sep 2023 06:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16172

Actions (login required)

View Item View Item