Analisis Perbandingan Kekuatan Hukum Sertipikat Hak Atas Tanah dan Surat Kepemilikan Tanah (Studi Kasus Putusan Hakim Pengadilan Negeri Bengkulu Nomor 30/Pdt.G/2017/PN Bgl)

Putri, Sinta Utami and Hamdani, Maakir and M. Yamani, M. Yamani (2020) Analisis Perbandingan Kekuatan Hukum Sertipikat Hak Atas Tanah dan Surat Kepemilikan Tanah (Studi Kasus Putusan Hakim Pengadilan Negeri Bengkulu Nomor 30/Pdt.G/2017/PN Bgl). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian bidang ilmu hukum perdata dengan fokus ilmiah berupa kajian terhadap proses penyelesaian sengketa pertanahan dengan objek pembuktian berupa kepemilikan sertipikat tanah melawan kepemilikan surat kepemilikan tanah di bawah tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa bagaimana perbandingan kekuatan hukum dua surat yang menjadi alas hak dengan menggunakan putusan pengadilan dalam sengketa antara Sri Hastuti dan Salehan Bandi di Pengadilan Tinggi Negeri Bengkulu pada tahun 2017 sebagai contoh kasus yang dianalisa. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif yang mengandalkan data primer yang berasal dari putusan pengadilan yang kemudian diformulasikan menggunakan bahan-bahan hukum lainnya seperti Undang-Undang Peraturan Pemerintah dan buku-buku hukum. Hasil penelitian ditemukan, fakta bahwa perbandingan kekuatan mengikat dari sertipikat melawan surat kepemilikan tanah di bawah tangan tidak seimbang. Sertipikat dalam sistem negatif yang dianut di Indonesia memiliki keistimewaan sebagai pembuktian paling sah dan sempurna. Kasus Sri Hastuti dan Salehan Bandi juga memperlihatkan bagaimana rekam jejak data yuridis dari pendaftaran sertipikat tanah benar-benar tertata dan kuat sehingga mempermudah pemilik sertipikat dalam bersengketa apabila sengketanya dilakukan melawan surat-surat lainnya seperti pada kasus ini. Kata-kunci: Alas Hak, Sertipikat, Surat Kepemilikan Tanah, Sengketa, Perbandingan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:19
Last Modified: 21 Sep 2023 07:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16180

Actions (login required)

View Item View Item