PERAN BPJPH DALAM MELAKUKAN PENJAMINAN PRODUK HALAL TERHADAP SIRUP JERUK KALAMANSI PADA KOPERASI KULTURA KALAMANSI DI KOTA BENGKULU

A’ADILLAH, MUHAMMAD RAHADI and Subanrio, Subanrio and Ganefi, Ganefi (2020) PERAN BPJPH DALAM MELAKUKAN PENJAMINAN PRODUK HALAL TERHADAP SIRUP JERUK KALAMANSI PADA KOPERASI KULTURA KALAMANSI DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran BPJPH dalam melakukan penjaminan pada sirup jeruk kalamansi kultura kalamansi kota Bengkulu dan untuk mengetahui dan menganalisis apakah sirup jeruk kalamansi pada koperasi kultura kalamansi sudah memenuhi persyaratan untuk didaftarkan pada BPJPH menurut undang-undang nomor 33 tahun 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian hukum empiris dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang didapat pada permasalahan yaitu pertama, dari proses sertifikasi halal dapat dilihat bahwa LPH memegang peranan yang penting, sebagai lembaga yang didirikan oleh masyarakat, bertugas memeriksa/atau menguji produk itu sendiri, apakah suatu produk itu halal secara syariat (artinya tidak diharamkan oleh agama), dan disembelih sesuai dengan syariat dan memenuhi kaidah kesejahteraan hewan serta kesehatan masyarakat (untuk hewan), serta apakah tumbuhan yang dikelola tersebut memabukkan dan/atau membahayakan kesehatan bagi orang yang mengkonsumsinya dan/atau terkontaminasi dengan bahan yang diharamkan. Jadi terlihat peran LPH melalui penetapan menjadi dasar dikeluarkannya sertifikat halal produk. Kedua, Sirup jeruk kalamansi telah memenuhi beberapa kriteria untuk di daftarkan pada BPJPH hal tersebut dapat di lihat dari penggunaan bahan yang halal seperti jeruk kalamansi, gula, dan air . karakteristik produk dalam pemberian nama/merk pun tidak mengandung kepada hal-hal yang dilarang oleh syari‟at Islam. Serta fasilitas produksi dan alat-alat produksi yang digunakan juga bersih dan halal. Kata kunci: BPJPH, Jeruk Kalamansi .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:52
Last Modified: 21 Sep 2023 08:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16199

Actions (login required)

View Item View Item