PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SYMBOLIC MODELING TERHADAP PERILAKU MORAL SISWA KELAS VIII A DI SMP N 19 KOTA BENGKULU

ERLANGGA, BAYU and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Afifatus, Sholihah (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SYMBOLIC MODELING TERHADAP PERILAKU MORAL SISWA KELAS VIII A DI SMP N 19 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI BAYU ERLANGA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik symbolic modeling terhadap perilaku moral siswa kelas VIII A di SMP Negeri 19 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre�test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa yang memiliki perilaku moral yang rendah. Tenik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala perilaku moral, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara layanan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling terhadap perilaku moral siswa. Hal ini terlihat dari mean pre-test = 95,8 dan mean post-test = 139,0 dengan nilai uji z-test hasil yang didapat yaitu -2.805ᵃ (p<0,05) yang artinya layanan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling berpengaruh dalam peningkatan perilaku moral siswa. Kata kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Symbolic Modeling, Perilaku Moral.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:37
Last Modified: 22 Sep 2023 02:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16203

Actions (login required)

View Item View Item