Rahmadani, Yolanda Suci and I Wayan, Dharmayana and Arsyadani, Mishbahuddin (2022) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING FORMAT KLASIKAL TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 30 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI YOLANDA SUCI RAHMADANI (A1L018069) (1).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya perilaku asertif siswa yang rendah di SMP Negeri 30 Bengkulu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan pengaruh layanan penguasaan konten teknik assertive training format klasikal terhadap peningkatan perilaku asertif siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Bengkulu Selatan. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen one-grup pretest postest design. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 101 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 33 orang siswa. Sampel di peroleh melalui teknik random sampling. Teknik dalam mengambil data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perilaku asertif siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebelum diberikan layanan adalah 84,2 dalam kategori rendah. Setelah diberikan layanan nilai rata-rata skor menjadi 117,3 dalam kategori tinggi. Hasil uji t menunjukkan nilai t= -37,984 (p=<0,05). Artinya ada pengaruh yang signifikan layanan penguasaan konten teknik assertive training format klasikal terhadap peningkatan perilaku asertif siswa. Kata Kunci: Penguasaan Konten, Perilaku Asertif, Teknik Assertive Training
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 09:18 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 00:56 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16262 |
Actions (login required)
View Item |