PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH DAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA SKPD KOTA BENGKULU

Sarin, Azalia putri and Eddy, Suranta and Nurna, Aziza (2023) PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH DAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA SKPD KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
AZALIA PUTRI SARIN-C1C018185_compressed - Azalia putri Sarin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintah dan good governance terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja pada bagian keuangan di 40 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Bengkulu dengan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah Kasubbag keuangan, bendahara umum, dan staf keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data primer menggunakan kuesioner. Kuesioner yang disebarkan berupa pernyataan tertulis dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Science) 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel standar akuntansi pemerintah dan good govenance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pada SKPD di Kota Bengkulu. Implikasi penelitian bagi pemerintah Kota Bengkulu dan peneliti selanjutnya, penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi tambahan dan pemahaman mengenai apa saja yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan di Pemerintah Daerah. Keterbatasan penelitian ini adalah hasil dari penelitian berupa kuesioner ini hanya berisi persepsi atau opini dari masing-masing responden dan belum tentu mencerminkan keadaan yang sesungguhnya pada masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bengkulu. Dan juga tidak semua SKPD memiliki sampel yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:18
Last Modified: 02 Feb 2024 02:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16272

Actions (login required)

View Item View Item