PENGARUH BELANJA MODAL, PENDAPATAN ASLI DAERAH, DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP KUALITAS WEBSITE DENGAN ALOKASI APBD SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Nurjannah, Nurjannah and Darman, Usman and Isma, Coryanata (2023) PENGARUH BELANJA MODAL, PENDAPATAN ASLI DAERAH, DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP KUALITAS WEBSITE DENGAN ALOKASI APBD SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
HASIL PENELITIAN muhammad edro ( BAB I- BAB V ) final 19 - Edro Bilivya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: Pengaruh Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah, dan Jumlah Penduduk Terhadap Kualitas Website Pemerintah Daerah dengan Alokasi APBD Sebagai Variabel Intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah website Pemda kabupaten/kota di Sumatera. Pemilihan sampel yang diuji dalam penelitian ini dengan menggunakan Purposive sampling. Teknik analisis yang dipakai yaitu analisis regresi linier berganda dan path analysis dengan menggunakan aplikasi SPSS (statistical package for social science) versi 25 untuk melihat hubungan antar variabel. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jumlah website Kabupaten/ Kota di Sumatera yaitu sebanyak 154. Sampel yang dapat digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 123 website PEMDA Kabupaten/kota diSumatera. Hasil penelitian ini menunjukkan dimana Belanja modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Alokasi APBD. Pendapatan Asli Daerah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap alokai APBD, dan Jumlah penduduk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Alokasi APBD. Selanjutnya, Belanja Modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Website, Pendapatan Asli Daerah tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Kualitas Website, jumlah penduduk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kualitas website, dan Alokasi APBD berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kualitas website. Hasil penelitian ini juga menunjukkan pengaruh Belanja modal terhadap kualitas website melalui alokasi APBD sebagai variabel intervening tidak mampu dibuktikan. Namun pada variabel Pendapatan Asli Daerah dan jumlah penduduk terhadap kualitas website melalui alokasi APBD sebagai variabel intervening mampu dibuktikan sebagai variabel intervening. Implikasi penelitian ini adalah dapat diartikan bahwa untuk mecapai website yang berkualitas untuk pendapatan asli daerah dan jumlah penduduk perlu memperhatikan tingkat alokasi APBD sehingga nantinya akan berdampak terhadap kualitas website. Diharapkan agar kedepannya pihak pemerintah dapat lebih memperhatikan lagi pengoptimalan pengalokasian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sehingga mampu meningkatkan kualitas website daerahnya. Keterbatasan penelitian ini adalah beberapa laporan keuangan Pemda sampel banyak yang tidak dapat di akses sehingga dari segi jumlah sampel menjadi berkurang dan mengakibatkan hasil penelitian menjadi kurang maksimal. Penelitian ini hanya menguji pengaruh variabel belanja modal, pendapatan asli daerah, dan jumlah penduduk. Variabel-variabel lain yang mungkin berpengaruh terhadap kualitas website tidak diuji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:02
Last Modified: 27 Sep 2023 07:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16286

Actions (login required)

View Item View Item