ELFIRA, VOLLY TIFANI and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Arsyadani, Mishbahuddin (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TERAPI MUSIK RELAKSASI UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN AKADEMIK SISWA KELAS X MIPA UNGGUL SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
VOLLY TIFANI ELFIRA A1L018012 SKRIPSI FULL.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kecemasan yang terjadi pada siswa selama proses pembelajaran di sekolah, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi musik relaksasi dalam mereduksi kecemasan akademik siswa pada proses pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan eksperimen one group pretest-posttest design dengan populasi 33 siswa kelas X MIPA Unggul SMA Negeri 2 Kota Bengkulu dan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan 8 orang siswa menjadi sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas yang memiliki koefisien 0,308 – 0,780, uji reliabilitas pada penelitian ini berkisar pada nilai 0,932 yang berarti relibel, kemudian pengujian hipotesis menggunakan uji t (paired sample t�test) yang menunjukkan nilai t= -9,048 dan sig(2-tailed) p < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan terapi musik relaksasi untuk mereduksi kecemasan akademik siswa kelas X MIPA Unggul di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Kecemasan Akademik, Konseling Kelompok, Terapi Musik Relaksasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 01:26 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 01:26 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16391 |
Actions (login required)
View Item |