ANALISIS PUTUSAN HAKIM PENGADILAN NEGERI CURUP TERHADAP GUGATAN TIDAK DAPAT DITERIMA PADA PERKARA SENGKETA TANAH DI KABUPATEN REJANG LEBONG (STUDI KASUS NO. 04/PDT.G/2016/PN.CRP)

Satria, Nugraha Putra and Joko, Susetyanto and M., Yamani (2020) ANALISIS PUTUSAN HAKIM PENGADILAN NEGERI CURUP TERHADAP GUGATAN TIDAK DAPAT DITERIMA PADA PERKARA SENGKETA TANAH DI KABUPATEN REJANG LEBONG (STUDI KASUS NO. 04/PDT.G/2016/PN.CRP). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
SKRIPSI SATRIA NUGRAHA PUTRA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah putusan Hakim Pengadilan Negeri Curup terhadap gugatan tidak dapat diterima pada perkara sengketa tanah di Kabupaten Rejang Lebong (Studi Kasus No:04/Pdt.G/2016/PN. Crp) telah mencerminkan kepastian hukum dan untuk mengetahui pertimbangan putusan Hakim Pengadilan Negeri Curup terhadap gugatan tidak dapat diterima pada perkara sengketa tanah di Kabupaten Rejang Lebong. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum normatif. Hasil penelitian terhadap putusan Hakim perkara No : 04/Pdt.G/2016/PN.Crp sebagai berkut : (a) Gugatan tidak dapat diterima disebabkan karena adanya ketidakjelasan ukuran pada objek perkara yang tercantum di dalam gugatan berbeda dengan ukuran yang tertera dalam sertipikat. (b) Gugatan kurang pihak, masih ada pihak yang harus pula digugat karena mempunyai keterkaitan secara hukum dengan objek perkara. Berdasarkan fakta tersebut, gugatan penggugat mengalami cacat formil, maka putusan Hakim pada perkara Nomor: 04/Pdt.G/2016/PN.Crp telah mencerminkan kepastian hukum. Pertimbangan putusan Hakim terhadap perkara No : 04/Pdt.G/2016/PN. Crp : Majelis Hakim berpendapat bahwa adanya ketidakjelasan objek sengketa karena batas-batas serta ukuran objek perkara tidak jelas dan juga gugatan para Penggugat kurang pihak. Berdasarkan beberapa pertimbangan tersebut Majelis Hakim menyatakan gugatan Penggugat tidak dapat diterima (niet ontvakelijke verklaard). Kata kunci : Putusan, Gugatan, Sengketa, Tanah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:25
Last Modified: 27 Sep 2023 01:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16394

Actions (login required)

View Item View Item