ANALISIS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SEKAYUN KECAMATAN BANG HAJI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Herizon , Peb and Jarto , Tarigan and Suratman, Suratman (2012) ANALISIS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SEKAYUN KECAMATAN BANG HAJI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
PEB HERIZON.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan pasien rawat jalan di Puskesmas Sekayun Kecamatan Bang Haji Kabupaten Bengkulu Tengah dan masalah– masalah yang dihadapi dalam memberikan pelayanan serta usaha-usaha yang dilakukan untuk mewujudkan kualitas pelayanan kesehatan yang berimplikasi pada kepuasan pasien yang berobat di Puskesmas Sekayun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Desksriptif yang penyajiannya dilakukan secara Kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Wawancara, Observasi dan Studi Dokumentasi. Informan ditetapkan dengan teknik Snowball Sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik Analisis Kualitatif Deskriptif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan pasien rawat jalan di Puskesmas Sekayun melalui indikator– indikator penentu kualitas pelayanan menurut (Fitzsimmons) yang meliputi : Reliability (Kehandalan) berdasarkan hasil penelitian Cukup Baik ; ditunjukkan dengan adanya kejelasan alur pelayanan yang harus ditempuh pasien sudah ditempel dan dipasang di tempat yang strategis serta prosedur dan syarat yang harus ditempuh pasien juga mudah dan tidak berbelit-belit sehingga effisien dan Efektif dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Responsiveness (Ketanggapan atau Daya Tanggap) berdasarkan penelitian ini Baik ; dibuktikan dengan adanya tanggapan yang serius dari petugas Puskesmas Sekayun dalam memberikan pelayanan terhadap kesulitan dan keluhan pasien secara objektif tanpa membedakan antara pasien miskin atau pasien umum. Assurance (Jaminan) pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Sekayun kepada masyarakat atau pasien berdasarkan penelitian ini Kurang Baik. Hal ini ditunjukkan denagan akses menuju Puskesmas Sekayun yang buruk karena masih ada jembatan yang rusak dan ditambah masih adanya Desa yang tidak mendapat sinyal telpon selular dan tidak ada listrik. Emphaty (Perhatian) pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Sekayun kepada masyarakat berdasarkan penelitian ini Baik. Hal ini disebabkan pelayanan ini diberikan dalam bentuk perhatian terhadap individu pasien dan pelayanan ini dirasakan oleh pasien telah terciptanya komunikasi yang baik antara pegawai Puskesmas Sekayun dengan pasien yang berobat di Puskesmas Sekayun. Tangibles (Bukti-Bukti) pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Sekayun kepada masyarakat atau pasien berdasarkan penelitian ini Kurang Baik. Hal ini ditunjukkan Puskesmas Sekayun belum meiliki seorang Dokter dan belum memiliki Laboratorium.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 19 Nov 2013 05:01
Last Modified: 19 Nov 2013 05:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1641

Actions (login required)

View Item View Item