PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN HAYATI BERDASARKAN IDENTIFIKASI SEMUT (FORMICIDAE) DI KAWASAN KONSERVASI KURA–KURA BANING (Manouria emys) UNIVERSITAS BENGKULU

NURMILLA, NURMILLA and Alexon, Alexon and Abdul, Rahman (2022) PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN HAYATI BERDASARKAN IDENTIFIKASI SEMUT (FORMICIDAE) DI KAWASAN KONSERVASI KURA–KURA BANING (Manouria emys) UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
5 NOVEMBER 2022 _softfile_ SKRIPSI_NURMILLA_A1D018003 OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keanekaragaman semut (Formicidae) yang terdapat di kawasan konservasi M. emys Universitas Bengkulu, serta mendeskripsikan kelayakan dan respon siswa terhadap booklet yang dikembangkan berdasarkan identifikasi semut (Formicidae) di kawasan konservasi M. emys Universitas Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu R&D yang mengacu pada model ADDIE. Tahapan penelitian ini meliputi analysis (menganalisis), design (merancang) dan development (mengembangkan). Penelitian ini dilaksanakan pada Maret 2022 hingga Juli 2022. Pengambilan sampel semut (Formicidae) dilakukan di kawasan Konservasi Kura–kura Baning (Manouria emys) Universitas Bengkulu. Data dianalisis deskriptif berdasarkan data hasil validasi dan uji respon booklet. Media pembelajaran booklet keanekaragaman hayati yang dikembangkan mengacu pada KD 3.2 menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan upaya pelestariannya. Booklet yang disusun memperoleh kriteria validitas tinggi dengan nilai validasi 0,95 dari para validator dan juga dinilai sangat baik dengan nilai 99 % dalam uji respon siswa oleh 10 orang peserta didik di SMAN 2 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil validasi dan uji respon tersebut, dapat dinyatakan booklet yang disusun layak dan baik digunakan sebagai media pembelajaran materi keanekaragaman hayati kelas X tingkat SMA. Kata Kunci : Booklet, Keanekaragaman Hayati, Konservasi Kura-Kura Baning (Manouria emys) Universitas Bengkulu, Media Pembelajaran, Semut (Formicidae)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:47
Last Modified: 02 Oct 2023 01:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16458

Actions (login required)

View Item View Item