JESELIA, KORI and Alexon, Alexon and Abdul, Rahman (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI EKOSISTEM SMA KELAS X. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Kori Jeselia_A1D018047_Skripsi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penggunaan lembar kerja peserta didik dalam proses pembelajaran mendorong terjadinya interaksi antara guru dan peserta didik sehingga proses belajar lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning (PBL) materi ekosistem SMA kelas X, mengetahui kelayakan lembar kerja peserta didik yang telah disusun, mengetahui uji keterbacaan peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik dan efektivitas penggunaan lembar kerja peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) model 4D yaitu, define, design, develop, dan disseminate menurut Thiagarajan (1974). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis PBL oleh validator ahli materi, media, dan validator praktisi yaitu masing-masing sebesar 98,20%, 97,50% , 92,85% dengan kategori sangat layak. Hasil uji keterbacaan lembar kerja peserta didik berbasis PBL dengan persentase rata-rata 89.2% dengan kriteria sangat baik. Hasil uji coba lembar kerja peserta didik berbasis PBL ditinjau dari nilai N-Gain didapatkan hasil rata-rata sebesar 0.57 dengan klasifikasi sedang. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning (PBL), Materi Ekosistem.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 01:48 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 01:48 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16498 |
Actions (login required)
View Item |