PERAN DIREKTORAT RESERSE KRIMINAL KHUSUS POLDA BENGKULU DALAM PENANGANAN TINDAK PIDANA KORUPSI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TINGKAT III BENGKULU DALAM RANGKA ANTISIPASI PENGEMBALIAN KERUGIAN NEGARA

Roh, Hadi and Herlambang, Herlambang and Antory, Royan (2020) PERAN DIREKTORAT RESERSE KRIMINAL KHUSUS POLDA BENGKULU DALAM PENANGANAN TINDAK PIDANA KORUPSI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TINGKAT III BENGKULU DALAM RANGKA ANTISIPASI PENGEMBALIAN KERUGIAN NEGARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
TESIS ROH HADI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (567kB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini: (1). Untuk mengetahui dan menjelaskan peran Direktorat Reskrimsus Polda Bengkulu dalam menelusuri harta kekayaan tersangka dalam rangka mengantisipasi pengembalian kerugian negara. (2). Untuk mengetahui dan menjelaskan faktor penghambat dalam penelusuran harta kekayaan tersangka sebagai antisipasi pengembalian kerugian negara oleh Direktorat Reskrimsus Polda Bengkulu. (3). Untuk mengetahui dan menjelaskan upaya yang dapat dilakukan oleh Direktorat Reskrimsus Polda Bengkulu untuk menguasai harta milik tersangka sebagai antisipasi pengembalian kerugian negara. Pada metode penelitian jenis penelitian dalam penelitian hukum ini termasuk tipe penelitian hukum empiris, adapun sifat penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian bahwa: (1). Peran Direktorat Reskrimsus Polda Bengkulu dalam menelusuri harta kekayaan tersangka dalam rangka mengantisipasi pengembalian kerugian Negara, dilakukan secara represif yakni melalui mekanisme penyelidikan dan penyidikan terhadap tersangka korupsi terhadap tersangka Sunoto selaku Bendahara Rumah Sakit Bhayangkara Tk.III Bengkulu. (2). Faktor penghambat dalam penelusuran harta kekayaan tersangka sebagai antisipasi pengembalian kerugian negara oleh Direktorat Reskrimsus Polda Bengkulu sebagai berikut; faktor fasilitas dan sarana penyelidikan dan penyidikan belum memadai, Penghitungan kerugian Negara dan penentuan ada tidaknya kerugian Negara, dan Izin penyitaan sebagai barang bukti dalam menelusuri harta kekayaan tersangka, serta peran aparat penegak hukum kurang optimal dalam memberantas tindak pidana korupsi. (3). Upaya yang dapat dilakukan oleh Direktorat Reskrimsus Polda Bengkulu untuk menguasai harta milik tersangka sebagai antisipasi pengembalian kerugian Negara meliputi; Penyidik melakukan kordinasi penghitungan kerugian Negara dengan Tim Audit Perwakilan BPKP, Penelusuran Harta kekayaan tersangka, dan Pembekuan Harta kekayaan pelaku korupsi, serta penyitaan benda bergerak atau tidak bergerak, berwujud atau tidak berwujud untuk kepentingan pembuktian dalam penyidikan, penuntutan, dan peradilan, dan perampasan barang bukti tersangka korupsi atas izin pengadilan negeri. Kata Kunci : Peran Direktorat Reskrimsus Polda Bengkulu Dalam Penanganan Tindak Pidana Korupsi RS Bhayangkara Tingkat III Bengkulu Dalam Rangka Antisipasi Pengembalian Kerugian Negara.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 29 Sep 2023 08:57
Last Modified: 29 Sep 2023 08:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16533

Actions (login required)

View Item View Item