IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 56 TAHUN 1960 TENTANG PENETAPAN LUAS TANAH PERTANIAN DALAM PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

ROMELI, SANTIAGO and Emelia, Kontesa and M., Yamani (2020) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 56 TAHUN 1960 TENTANG PENETAPAN LUAS TANAH PERTANIAN DALAM PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
TESIS ROMELI SANTIAGO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (660kB)

Abstract

Fenomena yang berkembang program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilaksanakan oleh pemerintah pada tataran implementasi mengabaikan peraturan tentang landreform. Adapun rumusan permasalahan yang akan diteliti adalah: (1) Bagaimanakah Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 1960 Tentang Penetapan Luas Tanah Pertanian Dalam Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Di Kabupaten Bengkulu Tengah ? (2) Apa Faktor Penghambat Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 1960 Tentang Penetapan Luas Tanah Pertanian Dalam Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Di Kabupaten Bengkulu Tengah ? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris, dengan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer, dan data sekunder. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode editing, kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan metode analisis kualitatif, dengan cara berpikir induktif-deduktif atau sebaliknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 1960 tentang Penetapan Luas Tanah Pertanian belum di implmentasikan Dalam Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Di Kabupaten Bengkulu Tengah, hal itu karena belum adanya komitmen politik dan konsistensi dari pelaksana kebijakan pemerintah khususnya Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional sampai pada tingkat pelaksana kebijakan didaerah yakni Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkulu Tengah, aturan mengenai landreform itu belum ada peraturan pemerintahnya, hanya ada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang, kemudian langsung ke Peraturan Menteri, Subjek dan objek landreform pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 1960 Tentang Penetapan Luas Tanah Pertanian berbeda dengan subjek dan objek dalam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. (2) faktor penghambat Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 1960 Tentang Penetapan Luas Tanah Pertanian Dalam Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Di Kabupaten Bengkulu Tengah yaitu, minimnya pengawasan kepemilikan atau penguasaan tanah pertanian yang melebihi batas maksimum dalam pelaksanaan PTSL, tidak terdapat laporan adanya kelebihan luas batas maksimum terhadap penguasaan tanah pertanian. Penguasaan terhadap tanah hanya dapat terdeteksi dari tanah-tanah yang terdaftar (bersertifikat), dan Tidak ada anggaran untuk membayar ganti kerugian dari kelebihan tanah yang diambil, sehingga sulit untuk melaksanakan PTSL berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 1960 Tentang Penetapan Luas Tanah Pertanian. Kata Kunci : Implementasi, Landreform, Pendaftaran tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 29 Sep 2023 09:00
Last Modified: 29 Sep 2023 09:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16534

Actions (login required)

View Item View Item