PENGARUH PENERAPAN GREEN BANKING TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PERBANKAN DENGAN KEPEMILIKAN ASING SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2020)

Barama, Fadhil Muhammad and Vika, Aprila and Madani, Irwansyah (2023) PENGARUH PENERAPAN GREEN BANKING TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PERBANKAN DENGAN KEPEMILIKAN ASING SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2020). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI FADHIL MUHAMMAD BARAMA - fadhil muhammad barama.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan perbankan merupakan lembaga keuangan yang berfungsi sebagai perantara keuangan. Green banking lebih banyak diterapkan oleh bank asing dibandingkan dengan bank nasional di Indonesia. Kepemilikan asing merupakan kepemilikan oleh individu maupun kelompok yang berasal dari luar negeri (foreign) yang menginvestasikan modalnya baik dalam bentuk saham maupun pendirian perusahaan ke dalam negeri. Penelitian ini mengenai pengaruh green banking terhadap profitabilitas pada bank di Indonesia masih sangat minim menggunakan sampel perusahaan perbankan pada penelitian, sehingga peneliti bertujuan untuk mengembangkan sampel penelitian pada perbankan yang ada di Indonesia terkhususnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penerapan green banking berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan perbankan di bursa efek Indonesia dan membuktikan apakah perusahaan yang menerapkan green banking dengan dimiliki kepemilikan asing memiliki kinerja yang lebih tinggi. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan perbankan yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2020. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linear berganda. Sebelum melakukan regresi linier berganda harus melakukan beberapa tahapan prasyarat di antaranya uji normalitas, uji linieritas,dan uji asumsi klasik, setelah uji prasyarat menunjukan hasil yang baik maka baru bisa melakukan uji regresi linear. Hasil pengujian hipotesis 1 dan 2 menunjukkan bahwa variabel green banking berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Hal ini berarti semakin tinggi perusahaan melakukan praktik green banking maka semakin tinggi kenerja suatu perusahaan. Variabel kepemilikan asing tidak dapat memperkuat hubungan antara penerapan green banking terhadap kinerja perusahaan. Hal ini berarti bahwa tinggi atau rendahnya persentase kepemilikan saham oleh pihak asing tidak mempengaruhi luasnya pengungkapan green banking. Berdasarkan hal tersebut maka disarankan penelitian selanjutnya mungkin dapat mempertimbangkan penggunaan sektor usaha lain sebagai sampel penelitian, serta dapat menggunakan variabel bebas dan variabel moderasilainnya yang diduga dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Kata Kunci : Green Banking, Kepemilikan Asing, Kinerja Perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Sep 2023 09:03
Last Modified: 29 Sep 2023 09:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16535

Actions (login required)

View Item View Item