ANALISIS SIKAP KONSUMEN DAN FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAGING KUDA DI KECAMATAN DOLOKSANGGUL KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Melda, AM Lumban Gaol and Nyayu, Neti Arianti and Melly, Suryanty (2020) ANALISIS SIKAP KONSUMEN DAN FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAGING KUDA DI KECAMATAN DOLOKSANGGUL KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN PROVINSI SUMATERA UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Melda AM Lumban Gaol.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (863kB)

Abstract

Indonesia merupakan pembangunan sektor pertanian yang memegang peranan yang sangat penting untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat. Peranan produk peternakan sebagai penyedia protein hewani (daging) untuk mencukupi atau melengkapi kebutuhan gizi masyarakat. Pemenuhan gizi yang baik dapat meningkatkan produktivitas penduduk. Daging kuda merupakan bahan pangan hewani yang disukai masyarakat, termasuk juga masyarakat di Kecamatan Doloksanggul. Daging kuda ini dipasarkan di pasar tradisional Doloksanggul. Daging kuda dapat menjadi alternatif penyedia daging dan mempunyai potensi yang cukup besar sebagai salah satu sumber pangan yang mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen daging kuda di Kecamatan Doloksanggul dan untk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan daging kuda di Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 29 Juli sampai 29 Agustus 2019 pada masyarakat Doloksanggul yaitu di Kecamatan Doloksanggul. Pengambilan responden dilakukan secara accidental sampling teknik menentukan dimana siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti di lokasi penelitian akan dijadikan sebagai sampel dengan jumlah responden 96 orang. Pengambilan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive sampling) yang dimana lokasi tersebut dominan atau mayoritas masyarakatnya mengkonsumsi daging kuda. Guna menganalisis data yang didapat digunakan metode Multiatribut Fishbein dan Regesi Linear berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS 20. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari wawancara langsung dengan bantuan kuisioner yang telah dipersiapkan terlebih dahulu. Data sekunder adalah data yang berasal dari instansi terkait seperti Badan Pusat Statistik Kabupaten Humbang Hasundutan dan Jurnal Ilmiah yaitu mempelajari literatur yang berhubungan dengan penelitian ini. Konsumen daging kuda memiliki sikap yang positif terhadap berbagai atribut yang melekat pada daging kuda. Atibut-atribut yang melekat pada daging kuda adalah keempukan, warna, tekstur, rasa, aroma, harga, tempat dan promosi. Sikap total kosumen terhadap daging kuda bernilai positif yaitu 7,38, artinya secara keseluruhan konsumen setuju terhadap atribut-atribut yang melekat pada daging kuda. Adapun atribut yang paling penting adalah rasa yaitu 2,51. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan daging kuda adalah pendapatan responden berpengaruh positif dan lama pendidikan formal, umur serta jenis kelamin berpengaruh negatif. Sedangkan jumlah anggota keluarga dan dummy persepsi berpengaruh tidak nyata terhadap jumlah permintaan daging kuda. Kata Kunci : Daging kuda, sikap konsumen, permintaan daging kuda, Multiatribut Fishbein, Regresi Linear Berganda.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:46
Last Modified: 03 Oct 2023 02:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16563

Actions (login required)

View Item View Item