PELAKSANAAN “DENDO GITEI RUGAI” (DENDA GANTI RUGI) KERUSAKAN TANAMAN OLEH HEWAN TERNAK MENURUT HUKUM ADAT REJANG DI DESA LUBUK LESUNG KECAMATAN LAIS KABUPATEN BENGKULU UTARA

Rika, Herlina. A and Emilia, Kontesa and Andry, Harijanto (2022) PELAKSANAAN “DENDO GITEI RUGAI” (DENDA GANTI RUGI) KERUSAKAN TANAMAN OLEH HEWAN TERNAK MENURUT HUKUM ADAT REJANG DI DESA LUBUK LESUNG KECAMATAN LAIS KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
CD SKRIPSI RIKA HERLINA. A (B1A018050).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan dan mengetahui pelaksanaan “Dendo Gitei Rugai” (Denda Ganti Rugi) kerusakan tanaman oleh hewan ternak menurut hukum adat Rejang di Desa Lubuk Lesung Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara dan (2) Menjelaskan dan mengetahui hambatan dalam menerapkan “dendo gitei rugai” (denda ganti rugi) kerusakan tanaman oleh hewan ternak menurut hukum adat Rejang di Desa Lubuk Lesung Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara. Dengan menggunakan pendekatan hukum empiris. Pengumpulan Data dilakukan dengan Wawancara mendalam (deep interview) dan Studi Dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif untuk menjawab permasalahan yang diajukan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan proses Dendo Gitei Rugai (Denda Ganti Rugi) bisa dilakukan antara kedua belah pihak, di tingkat Kadun, dan tingkat Desa (Sadei) dengan syarat serta prosedur yang telah ditentukan oleh hukum adat Rejang dan (2) Hambatan dalam penerapan dendo gitei rugai (denda ganti rugi) disebabkan karena kurangnya efisiensi dari masyarakat yang bersangkutan (para pihak) dan rasa simpati dari tokoh adat serta emosi dari kedua belah pihak. Kata Kunci: Ganti Rugi, Kerusakan Tanaman dan Hukum Adat Rejang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:20
Last Modified: 03 Oct 2023 04:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16572

Actions (login required)

View Item View Item