ANALISIS DAMPAK KEBERADAAN PT. PERTAMINA GEOTHERMAL ENERGY (PGE) TERHADAP KONDISI SOSIAL, EKONOMI DAN AKTIVITAS PERTANIAN PETANI KOPI (Studi Kasus PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) Hulu Lais Di Kecamatan Lebong Selatan)

Ukhti, Fadlilah and Mustopa, Romdhon and Putri, Suci Asriani (2020) ANALISIS DAMPAK KEBERADAAN PT. PERTAMINA GEOTHERMAL ENERGY (PGE) TERHADAP KONDISI SOSIAL, EKONOMI DAN AKTIVITAS PERTANIAN PETANI KOPI (Studi Kasus PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) Hulu Lais Di Kecamatan Lebong Selatan). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
skripsi full pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Geothermal merupakan sumber daya energi yang berasal dari perut bumi yang termasuk sumber energi baru saat ini. Proyek panas bumi memiliki risiko yang tinggi dan memerlukan dana yang besar, oleh karena itu sebelum suatu energi panas bumi dikembangkan maka perlu dilakukan pengkajian yang hati‐hati untuk menilai apakah sumberdaya panas bumi yang terdapat di daerah tersebut layak untuk dieksplorasi. Penilaian kelayakan meliputi beberapa aspek utama diataranya adalah aspek sosial, aspek ekonomi, dan aktivitas pertanian. Kabupaten Lebong merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu yang memiliki potensi sumber daya pembangkit listrik yang cukup besar , salah satunya pembangkit listrik tenaga uap PT. Pertamina Geothermal Energi (PGE) Hulu Lais yang berlokasi di Kecamatan Lebong Selatan. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong dengan mengambl 2 desa/kelurahan sebagai sampel wilayah yang terkena dampak secara langsung oleh PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE). Responden dalam penelitian ini adalah petani kopi yang memiliki lahan disekitar wilayah kerja perusahaan. Metode penentuan lokasi yaitu secara sengaja (purposive) dan metode penentuan responden yaitu dengan metode stratified random sampling. Metode pengukuran hasil penelitian yaitu dengan metode scoring atau skala likert. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi dan aktivitas pertanian petani kopi Kecamatan Lebong Selatan sebelum dan sesudah keberadaan PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) serta mengetahui faktor-faktor dan dampak sosial ekonomi dan aktivitas pertanian terhadap keberadaan PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) di Kecamatan Lebong Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan PT. Pertamina Geothermel Energy memberikan pengaruh terhadap aspek sosial ekonomi dan aktivitas pertanian berdasarkan beberapa faktor yaitu aspek sosial terdiri dari faktor individu, budaya, dan tingkat kesejahteraan. Aspek ekonomi terdiri dari faktor tingkat pengangguran, bisnis dan usaha, harga, dan aspek aktivitas pertanian terdiri dari faktor alih profesi dari petani ke non-petani, sumberdaya, dan lahan. Kata Kunci: Dampak PT. PGE, Aspek Sosial, Aspek Ekonomi, Aspek Aktivitas Pertanian.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:30
Last Modified: 03 Oct 2023 07:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16586

Actions (login required)

View Item View Item