PENGEMBANGAN BOOKLET BAKTERI BERDASARKAN UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN Carica papaya L TERHADAP Escherichia coli UNTUK KELAS X

SARI, OKTRINA PUTRI INDAH and Alexon, Alexon and Abdul, Rahman (2022) PENGEMBANGAN BOOKLET BAKTERI BERDASARKAN UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN Carica papaya L TERHADAP Escherichia coli UNTUK KELAS X. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI OKTRINA PUTRI INDAH SARI_A1D018030_PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya hambat ekstrak daun pepaya (Carica papaya L) terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli, mendeskripsikan kelayakan booklet dan respon peserta didik terhadap booklet. Jenis penelitian yang dilakukan adalah R&D dengan model ADDIE yang dibatasi dengan tiga tahapan yaitu analisis, desain dan pengembangan. Pengujian zona hambat dilakukan menggunakan metode difusi cakram. Penelitian dilakukan di Laboratorium Pembelajaran Biologi FKIP Universitas Bengkulu, sedangkan uji kelayakan booklet dilakukan validator ahli media, ahli materi dan ahli praktisi serta dilanjutkan dengan uji respon yang dilakukan oleh peserta didik SMAN 8 Kota Bengkulu kelas X IPA 1 sebanyak 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun papaya bangkok dapat menghambat bakteri Escherichia coli. Diameter zona hambat yang dihasilkan pada konsentrasi ekstrak 40%, 60%, 80% dan 100% berturut-turut 10,26 mm; 10,77 mm; 12,02 mm; dan 12,33 mm. Diameter zona hambat pada kontrol positif 26,21 mm dan kontrol negatif 0 mm. Booklet yang disusun dinilai sangat layak dengan skor 97,7% dari ahli materi, 89,6% dari ahli media, dan 96,6% dari ahli praktisi serta dinilai sangat baik berdasarkan uji respon peserta didik dengan nilai 95,2%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa booklet yang dikembangkan dikategorikan sangat layak digunakan untuk uji coba pemakaian media pembelajaran dalam mata pelajaran biologi SMA kelas X. Kata Kunci: Booklet, Uji Daya Hambat, Carica papaya L, Escherichia coli.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Oct 2023 02:23
Last Modified: 04 Oct 2023 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16610

Actions (login required)

View Item View Item