PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP OBJEK WISATA ALAM PEMANDIAN PUNAI DI DESA IV SUKU MENANTI/AIR ELANG KECAMATAN SINDANG DATARAN KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU

Bagus, Prianto and Siswahyono, Siswahyono and Edi, Suharto (2020) PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP OBJEK WISATA ALAM PEMANDIAN PUNAI DI DESA IV SUKU MENANTI/AIR ELANG KECAMATAN SINDANG DATARAN KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP OBJEK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara mega biodiversity dunia yang memiliki keanekaragaman hayati paling tinggi setelah Brazil dengan keunikan, keaslian, dan keindahan alamnya. Keanekaragaman flora, fauna dan ekosistemnya serta keragaman budaya merupakan potensi dan dapat dijadikan salah satu dasar pembangunan jasa lingkungan melalui ekowisata. Ekowisata merupakan konsep dan istilah yang menghubungkan pariwisata dengan konservasi yang sering dipahami sebagai pariwisata berwawasan lingkungan. Jenis wisata ini merupakan salah satu bentuk pariwisata alternatif yang menonjolkan tanggung jawab terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini mengetahui karakteristik dan persepsi pengunjung terhadap keberadaan objek wisata Pemandian Punai. Penelitian dilaksanakan di objek wisata alam Pemandian Punai pada tanggal 1 Februari – 30 Juni 2020 di Desa IV Suku Menanti Kecamatan Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong. Responden yang diambil yaitu pengunjung yang berada di objek wisata alam Pemandian Punai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jumlah responden ditentukan dengan cara nonprobability sampling. Pengambilan contoh sampel metode accidental sampling data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Yakni deskripsi objek wisata alam Pemandian Punai dan persepsi pengunjung data dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa objek wisata Pemandian Punai merupakan salah satu objek wisata yang berada di Kabupaten Rejang Lebong dan menjadi destinasi wisata yang indah dan memiliki keindahan sungai dengan air jernih serta dinding batu. Karakteristik pengunjung yang paling menonjol yaitu pengunjung yang berusia 16-22 tahun, berjenis kelamin laki-laki, berasal dari dalam kabupaten dan berstatus pelajar, dengan pendidikan terakhir SMA, kendaraan yang digunakan adalah kendaraan pribadi, dan rata-rata berkunjung selama >4 jam, dan sudah mengetahui lokasi ini paling banyak selama 1 tahun. Persepsi pengunjung terhadap objek wisata alam Pemandian Punai termasuk pada katagori Sangat baik. Keberadaan objek wisata ini dianggap layak untuk menjadi salah satu destinasi wisata, namun keamanan menuju objek wiasata yang belum layak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:42
Last Modified: 05 Oct 2023 07:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16664

Actions (login required)

View Item View Item