KEANEKARAGAMAN JENIS TANAMAN PADA PEDAGANG BIBIT TANAMAN DI KELURAHAN LUBUK MINTURUN KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT

Bayu, Julika Putra and Wiryono, Wiryono and Yansen, Yansen (2020) KEANEKARAGAMAN JENIS TANAMAN PADA PEDAGANG BIBIT TANAMAN DI KELURAHAN LUBUK MINTURUN KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
skripsi Bayu Julika Putra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Keanekaragaman jenis buah-buahan merupakan sumber genetik yang sulit ditemukan di daerah lain. Plasma nutfah ini dapat menjadi bahan utama dalam perakitan jenis baru atau varietas unggul buah-buahan dimasa datang (Sunarjono, 2006). Kebutuhan bibit masyarakat dan pemerintah daerah dipengaruhi oleh jenis – jenis yang disediakan oleh depot bibit. Jika depot memiliki banyak jenis bibit asing maka tanaman yang akan ditanam masyarakat dan pemerintah daerah akan banyak jenis asing, sebaliknya jika depot banyak menyediakan bibit asli maka masyarkat dan pemerintah daerah juga akan menanam banyak tanaman jenis asli. Dominasi spesies invasif di berbagai kota maupun desa-desa sebenarnya memiliki dampak buruk bagi jenis-jenis asli, bukan hanya pohon, tetapi juga perdu dan herba. Jenis tumbuhan maupun tanaman asli menjadi terdesak dan akhirnya menjadi langka karena tidak ditanam lagi oleh masyarakat. Selain itu jenis-jenis tanaman asing bisa juga membawa penyakit dan hama tanaman pertanian. Tanaman hias eksotik berupa herba dan perdu juga dapat menyebar secara liar dan menjadi gulma tanaman pertanian. Sebaliknya taman-taman, lahan tepi jalan dan lahan masyarakat lebih banyak ditanami jenis-jenis asli. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keanekaragaman dan kemerataan jenis bibit tanaman dan bagaimana perbandingan jumlah jenis asli dan jenis asing di depot tanaman di Kelurahan Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan cara, terlebih dahulu dilakukan survey lapangan untyuk mengetahui jumlah depot bibit yang ada di Kelurahan Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Mengklasifikasikan depot pembibitan berdasarkan luas pembibitan, memilih depot bibit yang akan diteliti secara operasional yaitu 50% untuk skala besar dan 50% untuk skala kecil. Pada setiap depot yang terpilih dicatat dan dihitung jumlah jenis tanamannnya. 4 Penelitian ini dilakukan untuk melihat keanekaragaman jenis tanaman pada pedagang bibit tamanan di Kelurahan Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Provinsi Sumatera Barat di Depot skala besar terdapat total jenis tanaman sebesar 126 jenis dari 55 famili dan terdiri atas 101 jenis tanaman dari 54 famili yang merupakan jenis asing dan 26 jenis tanaman dari 25 famili yang merupakan jenis asli. Indeks keragaman jenis (H’) depot skala besar sebesar 2,80 dan indeks kemerataan jenis (E) sebesar 0,58. Depot skala kecil terdapat total jenis tanaman sebesar 92 jenis tanaman dari 54 famili, 71 jenis tanaman dari 43 famili merupakan jenis tanaman asing dan 21 jenis tanaman dari 18 famili, kemudian untuk Indeks keragaman jenis (H’) depot skala kecil sebesar 4.01 dan indeks kemerataan jenis (E) sebesar 0.89.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:10
Last Modified: 06 Oct 2023 01:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16677

Actions (login required)

View Item View Item