IDENTIFIKASI JENIS-JENIS BAMBU DAN PEMANFAATANNYA OLEH MASYARAKAT DESA PEKIK NYARING KECAMATAN PONDOKKELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH PROVINSI BENGKULU

Desmawati, Desmawati and Putranto, BAN and Wiryono, Wiryono (2020) IDENTIFIKASI JENIS-JENIS BAMBU DAN PEMANFAATANNYA OLEH MASYARAKAT DESA PEKIK NYARING KECAMATAN PONDOKKELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
skripsi pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Bambu banyak ditemukan di daerah tropik seperti Benua Asia, Afrika, Amerika dan beberapa spesies ditemukan di Benua Australia. Benua Asia merupakan daerah penyebaran bambu terbesar meliputi wilayah Indonesia, Brunai, India, Cina dan Jepang. Bambu menyebar di daerah tropis dan juga subtropis serta daerah yang beriklim sedang di dataran rendah sampai dataran tinggi.Bambu sangat mudah dibedakan dengan tumbuhan lainnya, karena bambu tumbuhnya merumpun.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis bambu yang tumbuh di Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkuu Tengah Provinsi Bengkulu dan untuk mengetahui jenis bambu apasaja yang dimanfaatkan oleh masyarakat di Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkuu Tengah Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan kurang lebih 4 bulan di Desa Pekik Nyaring, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu. Pengambilan data dilakukan selama 2 (dua) bulan dimulai pada bulan September-November 2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan eksplorasi dengan menggunakan metode survey ekologi yakni menyelusuri sungai, rawa dan perkebunan masyarakat di Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkuu Tengah Provinsi Bengkulu. Eksplorasi jenis – jenis bambu ini dilakukan dengan cara menjelajah langsung ke lokasi penelitian untuk mengumpulkan spesimen bambu. Untuk pengambilan data pemanfaatan bambu oleh masyarakat desa pengamatan di lapangan melalui wawancara kepada masyarakat di desa Pekik Nyaring untuk mendapatkan informasi tentang nama lokal bambu dan pemanfaatanya untuk masyarakat tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 10 jenisdiantaranya Gigantochloa hasskarlianan(Kurz) Backer ex Heyne, Schizostachyum brachycladum Kurz,Dendrocalamus asper (Schult.f) Backer ex heyne, Gigantochloa nigriciliata (Buese) Kurz, Gigantochloa atter (Hassk) Kurz ex Munro, Bambusa vulgaris Scrad ex Wendl, Gigantochloa verticillata,Bambusa lako Widjaja, Gigantochloa apus (bl. ex Schult.f) Kurz dan Dendrocalamus giganteus Munro.Bambu yang ada di desa ini dimanfaatkan untuk 3 keperluan, yaitu sebagai bahan bangunan, kerajinan dan makanan.Masyarakat lebih memanfaatkan bambu pada bagian batang untuk memenuhikebutuhansendiri yang didapatkandarihutan alam.Bambu yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Pekik Nyaring adalah bambu yang berasal dari jenis Dendrocalamus asper (Schult.f) Backer ex Heyne, Gigantochloa hasskarlianan (Kurz) Backer ex Heyne,Gigantochloa atter (Hassk) Kurz ex Munrodan Gigantochloa nigriciliata (Buese) Kurz. Sedangkan bambu yang paling sedikit dimanfaatkan adalahBambusa vulgarisScrad ex WendldanDendrocalamus giganteus Munro. Ada satu jenis bambu yang tidak dimanfaatkan oleh masyarakat yaitu Bambusa lako Widjaja).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:19
Last Modified: 06 Oct 2023 01:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16680

Actions (login required)

View Item View Item