PERSEPSI DAN MINAT MASYARAKAT PENGGARAP LAHAN SERTA KARAKTERISTIK LAHAN GARAPAN DI KAWASAN KHDTK BLOK II HUTAN LINDUNG BOVEN LAIS KEMUMU BENGKULU UTARA PROVINSI BENGKULU

Katrin, R V Hutabarat and Gunggung, Senoaji and Siswahyono, Siswahyono (2020) PERSEPSI DAN MINAT MASYARAKAT PENGGARAP LAHAN SERTA KARAKTERISTIK LAHAN GARAPAN DI KAWASAN KHDTK BLOK II HUTAN LINDUNG BOVEN LAIS KEMUMU BENGKULU UTARA PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI WORD KATRIN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Persepsi dan minat masyarakat dalam rangka pengelolaan hutan, harus sesuai dengan fungsi pokoknya mengingatpentingnya kestabilan ekologi pada kawasan hutan termasuk KHDTK UNIB. Serta melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi menjaga kelestarian hutan dengan mengetahui keinginan dan minat masyarakat penggarap lahan sangat penting dilakukan dalam rangka mengelola lahan garapannya. Untuk mengetahui keadaan biofisik lahan garapan dan karakteristik lahan garapan serta minat masyarakat penggarap, Sehingga perlu dilakukannya penelitian tentang persepsi dan minat masyarakat penggarap lahan serta penataan areal garapan di kawasan KHDTK Hutan Lindung Boven Lais Kemumu.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui karakteristik biofisik lahan yang digarap masyarakat di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Hutan Pendidikan UNIB. (2) Mengetahui persepsi dan minat masyarakat penggarap lahan dalam Kawasan Hutan DenganTujuan Khusus (KHDTK) Hutan Pendidikan UNIB dalam mewujudkan pengelolaan lahan hutan secara lestari. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei sosial dan observasi.Data karakteristik penggarap dan kondisi biofisik danpemanfaatan lahan masyarakat penggarap didapatkan dengan teknik wawancara dan pengamatan langsung ke lokasi lahan garapan serta persepsi masyarakat penggarap didapatkan dengan wawancara dan di analisis dengan skala likert. Tingkat umur masyarakat penggarap tergolong dalam usia produktif, tingkat pendidikan masih rendah dan sedang, daerah asal masyarakat penggarap berasal dari desa Taba Tembilang, Tebing Kaning dan Gunung Alam. Asal lahan dari menggarap dan warisan.Pekerjaan penggarap adalah petani, buruh tukang dan upahan.Motivasi penggarap adalah faktor pemenuhan kebutuhan ekonomi.Luas lahan penggarap tergolong sempit dan sedang. Penggarap tidak memiliki lahan hak milik dan ada yang memiliki lahan hak milik. Kondisi biofisik lahan garapan di kawasan KHDTK UNIB Blok II meliputi topografi lahan garapan rata-rata datar dengan kemiringan lahan 0-8%. Ketinggian lahan garapan 242-323 mdpl, suhu udara 25°-29°C dan luas lahan garapan 0,5 - 4 ha. Lahan garapan ditanami dengan tanaman kopi dan karet sebagai tanaman komersial dan tanaman penaung serta tanaman penghijauan dengan tanaman tambahan di sekitar pondok kebun.fauna yang mengganggu tanaman kopi ini di lahan garapan yaitu burung, babi, dan tupai. Pemanfaatan lahan masyarakat penggarap KHDTK UNIB adalah peruntukan lahan pertanian dimana jenis tanaman pokok yang ditanam adalah kopi, karet, dan sawit, jenis tanaman lain yang ditemukan di lahan garapan masyarakat sebagai tanaman pengisi adalah tanaman jengkol, durian, kayu res, kayu sengon, pisang dan kelapa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:21
Last Modified: 06 Oct 2023 02:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16690

Actions (login required)

View Item View Item