FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS PEMBINAAN PENGELOLA BARANG MILIK DAERAH PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH PROVINSI BENGKULU

IQBAL, DWANDA and Alex, Abdu Chalik and Kahar, Hakim (2023) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS PEMBINAAN PENGELOLA BARANG MILIK DAERAH PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS Revisi Sidang (1) - Dwanda Iqbal.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang dan Aset Milik Daerah merupakan dasar dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Bengkulu. Adanya aturan ini menjadikan pengelolaan terhadap Barang serta Aset Daerah sangat penting untuk dilakukan. Penelitian ini berfokus pada penelitian tentang pembinaan Barang Milik Daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Bengkulu. Pembinaan dalam hal ini ialah pembinaan terhadap proses pengelolaan barang miliki daerah. Aspek atau indikator yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada pendapat yang disampaikan oleh Richard Steers dalam Danim (2004) yakni aspek Karakteristik organisasi, Karakterisitk lingkungan, Karakteristik Pekerja dan Karakteristik Kebijaksanaan dan Praktek Manajemen. Aspek ini menjadi tolak ukur apakah pengelolaan barang milik daerah sudah berjalan efektif. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa pembinaan terhadap pengelolaan barang milik daerah belum berjalan efektif. Hal ini didasarkan pada temuan di lapangan yang dilakukan oleh peneliti. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan saran agar pimpinan atau pihak terkait dalam pengelolaan barang, lebih memaksimalkan dalam pembinaan terhadap pengelolaan barang milik daerah. Sehingga temuan Badan Pemeriksa Keuangan terkait pengelolaan barang milik daerah bisa diminimalkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:04
Last Modified: 06 Oct 2023 07:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16707

Actions (login required)

View Item View Item