PENINGKATAN KOMPETENSI APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DALAM RANGKA REFORMASI BIROKRASI BIDANG SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKRETARIAT DAERAH KOTABENGKULU

Selviana, Santi and Achmad, Aminudin and Nour, Farozi Agus (2023) PENINGKATAN KOMPETENSI APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DALAM RANGKA REFORMASI BIROKRASI BIDANG SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKRETARIAT DAERAH KOTABENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
TESIS SANTI SELVIANA CETAK - santi selviana-1.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Reformasi birokrasi perlu diprioritaskan pada pemahaman aparatur terhadap budaya organisasi dengan tujuan agar pemerintah daerah harus membangun mesin birokrasi yang berdaya saing dan berkualitas sehingga pengendalian intern dapat berjalan efektif. Sebagai bagian dari sekretariat daerah yang mengemban tugas membuat standar, prosedur kelembagaan, manajemen dan SDM aparatur dalam melaksanakan pelayanan dan pengembangan kelembagaan, manajemen dan aparatur SDM di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu, Bagian Organisasi dalam menjalankan peran, tugas pokok tugas dan fungsi tidak terlepas dari nilai-nilai, budaya organisasi, budaya kerja yang ditanamkan dan dijiwai nilai-nilai tersebut ke dalam organisasi sehingga mampu mengubah sikap dan perilaku pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu untuk menghadapi tantangan masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan reformasi birokrasi bidang sumber daya manusia dalam peningkatan kompetensi pegawai negeri sipil yang dilakukan pada sekretariat daerah kota Bengkulu dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan melalui pendekatan kualitatif. mendekati. Hasil analisis dalam penelitian ini menemukan beberapa faktor yang dapat mendukung perlunya reformasi birokrasi pada sekretariat daerah kota Bengkulu, antara lain 1) adanya kesenjangan kompetensi antara pejabat struktural dengan pejabat pelaksana; 2) jumlah pegawai negeri sipil tidak mencukupi untuk memenuhi beban kerja; 3) motivasi seperti reward diperlukan agar peningkatan kinerja lebih jelas; 4) kurangnya pengawasan pemerintah yang kompeten di lingkungan kerja aparatur sipil negara; 5) menumbuhkan kesadaran disiplin dan tanggung jawab yang tinggi dengan hukuman; 6) penyetaraan kualifikasi analisis jabatan dan analisis beban kerja agar disesuaikan dengan penempatan lapangan; 7) ketegasan seorang pemimpin masih lemah; 8) rata-rata usia relatif tidak lagi termasuk dalam kategori usia produktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa reformasi birokrasi pada sekretariat daerah kota Bengkulu diarahkan pada tiga aspek penting yaitu pendidikan dan pelatihan pegawai negeri sipil, peningkatan kualitas hidup aparatur, dan membangun infrastruktur pelayanan publik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:04
Last Modified: 06 Oct 2023 07:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16708

Actions (login required)

View Item View Item