ANALISIS EFISIENSI USAHATANI JAGUNG(HIBRIDA) STUDY KASUS: DESA PADANG GELAI KECAMATAN PASEMAH AIR KERUH KABUPATEN EMPAT LAWANG

Renaldo, Riky and Izharuddin, Izharuddin and Mochammad, Agoes Hermanto (2022) ANALISIS EFISIENSI USAHATANI JAGUNG(HIBRIDA) STUDY KASUS: DESA PADANG GELAI KECAMATAN PASEMAH AIR KERUH KABUPATEN EMPAT LAWANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
DOC-20230213-WA0004. - Riky Renaldo.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penilitian ini mengkaji efisiensi produksi pada usahatani yaitu efisiensi teknis, , efisiensi ekonomis dengan menggunakan pendekatan Data Evelopment Analysis (DEA), dengan faktor produksi yang digunakan ialah Bibit, Pupuk organik, pupuk kimia, Pestisida, Tenaga kerja. Pengukuran efisiensi teknis dengan menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA) menunjukkan bahwa usahatani jagung di Desa Padang Gelai, Kecamatan Pasemah Air Keruh, Kabupaten Empat Lawang secara keseluruhan petani belum dapat mencapai tingkat efisiensi teknis secara full. Karena rata-rata tingkat efisien secara teknis adalah 1 (satu). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis usahatani jagung Desa Padang Pelai Kecamatan Pasemah Air Keruh Kabupaten Empat Lawang, dalam penelitian ini akan menghitung total biaya produksi, total pendapatan, keuntungan, R/C ratio dan Break event Point. Kemudian akan diketahui apakah usaha tersebut layak dijalankan atau tidak. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Kuesioner, dan Wawancara. Metode Pengambilan sampel menggunakan metode sensus yaitu jumlah populasi sama dengan sampel yaitu 84 usaha tani jagung berdasarkan data yang diperoleh dari Profil Desa Padang Gelai. Hasil penelitian menunjukkan rata rata total biaya rata-rata sebesar Rp. 3.500.000, dengan total penerimaan rata rata Rp 7.000.000 serta memperoleh rata rata keuntungan Rp 4.000.000, dengan BEP berdasarkan unit produksi sebanyak 2.262/kg dan BEP atas dasar harga sebesar Rp 4000/Kg. Serta tingkat R/C ratio rata-rata sebesar 2,00 yang berarti usaha ini layak untuk dijalankan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:08
Last Modified: 06 Oct 2023 07:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16725

Actions (login required)

View Item View Item