KOMPOSISI JENIS TANAMAN DAN PEMANFAATANNYA DI LAHAN HUTAN KEMASYARAKATAN DESA BARUMANIS KECAMATAN BERMANI ULU KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU

Sanrius, Sinaga and Saprinurdin, Saprinurdin and Deselina, Deselina (2020) KOMPOSISI JENIS TANAMAN DAN PEMANFAATANNYA DI LAHAN HUTAN KEMASYARAKATAN DESA BARUMANIS KECAMATAN BERMANI ULU KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI fix yang baru.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi jenis tanaman dan pemanfaatannya pada sistem lahan Hutan Kemasyarakatan Desa Barumanis, Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2019. Pengambilan data dilakukan dengan membuat plot ukuran 10 x 10 m untuk pohon, 4 x 4 m untuk perdu dan anakan pohon, serta 1 x 1 m untuk herba dengan intensitas sampling 25% yang dilakukan pada 20 lahan, yang dipilih secara acak. Data yang diamati dan dicatat adalah jenis, jumlah individu, tinggi, diameter setinggi dada dan persen penutupan lahan. Jenis tumbuhan dideterminasi dan diklasifikasikan berdasarkan pemanfaatanya, penggunaannya dan bagian yang dimanfaatkan. Semua pohon dihitung diameter dan tingginya untuk mengetahui Indeks Kearagaman jenis tumbuhan, tumbuhan yang mendominasi dan Indeks Nilai Penting (INP). Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data dapat diketahui bahwa, vegetasi penyusun di hutan kemasyarakatan yang termasuk ke dalam plot sampel Desa Barumanis, Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang Lebong terdiri dari 71 jenis tumbuhan yang berasal dari 31 suku yang dapat dikelompokkan ke dalam 3 kategori, yaitu 29 jenis pohon, perdu 17 jenis dan herba 25 jenis dan ada beberapa jenis tumbuhan yang sama yang masuk kedalam lebih dari satu kategori. Indeks keanekaragaman jenis Shannon-Wiener tumbuhan di lahan hutan kemasyarakatan Desa Barumanis adalah 3.18. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Desa Barumanis memiliki tingkat keanekaragaman jenis pohon yang tinggi. Jenis vegetasi tingkat pohon yang mendominasi di Hutan Kemasyarakatan Desa Barumanis adalah Bambang Lanang (Michelia champaca L) dengan INP 15.66 dan Jenis Pancang yang mendominasi adalah kopi (Coffea sp) sebanyak 323 batang serta jenis herba yang mendominasi adalah Rumput Jepang (Cynodon stolon) dengan persen penutupan tanah sebesar 50.85 %. Masyarakat memanfaatkan 68 jenis tanaman untuk berbagai keperluan yaitu makanan sebanyak 35 jenis, minuman 5 jenis, kayu bakar 29 jenis, pakan ternak 3 jenis, pelindung tanaman 29 jenis dan 5 jenis tumbuhan yang tidak dimanfaatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:58
Last Modified: 06 Oct 2023 06:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16728

Actions (login required)

View Item View Item