POLA PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN DALAM PENGUATAN KELEMBAGAAN UMKM PRODUSEN TEMPE DI KOTA BENGKULU PADA MASA PANDEMI COVID-19

LOVIANI, AYU PERTIWI and Edi, Hermansyah and Nurhani, Fithriah (2022) POLA PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN DALAM PENGUATAN KELEMBAGAAN UMKM PRODUSEN TEMPE DI KOTA BENGKULU PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI LOVIANI AYU PERTIWI B1A018202-1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Keberadaan UMKM khususnya UMKM Produsen Tempe di Kota Bengkulu memiliki peran dalam perekonomian melalui peningkatan pendapatan dan memperluas lapangan kerja. Kondisi UMKM Produsen Tempe masih relatif lemah untuk dapat dikembangkan karena keterbatasan kemampuan dan modal usaha yang disebabkan dari adanya kondisi Pandemi Covid-19. Hal ini mengharuskan pemerintah melakukan berbagai upaya pemulihan ekonomi. Salah satu langkah tersebut ditempuh melalui program pemulihan ekonomi nasional. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana pola pembinaan dan pengembangan dalam penguatan usaha serta upaya yang dilakukan pelaku UMKM Produsen Tempe di Kota Bengkulu terhadap penguatan modal usaha pada masa Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian untuk mengetahui pola pembinaan dan pengembangan usaha dalam penguatan kelembagaan UMKM dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan UMKM produsen Tempe di Kota Bengkulu terhadap penguatan modal usaha pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian hukum empiris dengan dengan analisis data yuridis-kualitatif. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pembinaan dan pengembangan usaha pelaku UMKM dilakukan oleh pemerintah, dunia usaha dan masyarakat. Upaya pengembangan yang dilakukan oleh instansi pemerintah meliputi pemberian pendidikan dan pelatihan, kegiatan pemberian sarana dan prasarana serta kegiatan evaluasi usaha. Dunia usaha yaitu lembaga perbankan melalui penyediaan fasilitas KUR yang meliputi KUR Mikro BRI dengan adanya relaksasi kredit di masa Pandemi Covid-19. Selain itu, upaya pengembangan oleh masyarakat melalui pembelian produk dan pemberian pinjaman modal usaha. Upaya penguatan modal usaha UMKM Produsen Tempe di Kota Bengkulu dilakukan dengan cara memanfaatkan program Pemerintah, mengurangi berat produksi, memperbaiki pola manajemen usaha, dan membuat inovasi olahan produk. Upaya penguatan modal usaha disertai dengan adanya hambatan yaitu dari aspek permodalan, pemasaran bahan baku, teknologi, manajemen usaha serta kurangnya pemahaman terhadap hukum yang ada. Kata kunci : UMKM, Pembinaan dan Pengembangan, Kredit Usaha Rakyat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:46
Last Modified: 09 Oct 2023 04:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16804

Actions (login required)

View Item View Item