KANDUNGAN NUTRISI DAN SIFAT ORGANOLEPTIK YOGURT SUSU SAPI YANG DITAMBAH SARI BUAH KALAMANSI (Citrofortunella microcarpa)

Rara, Rizkiqa Anggreni and Endang, Sulistyowati and Edi, Soetrisno (2020) KANDUNGAN NUTRISI DAN SIFAT ORGANOLEPTIK YOGURT SUSU SAPI YANG DITAMBAH SARI BUAH KALAMANSI (Citrofortunella microcarpa). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI RARA RIZKIQA ANGGRENI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Memproduksi makanan dan minuman yang dapat diterima di pasaran, perlu diperhatikan daya terima produk tersebut oleh konsumen. Salah satu cara untuk mengetahui kualitas produk yang dapat memenuhi harapan konsumen terutama dalam hal cita rasa produk adalah dengan cara melakukan studi komparasi atribut sensori dengan produk sejenis yang sudah beredar di pasaran, diantaranya adalah yogurt Kalamansi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kandungan nutrisi (vitamin C, pH, protein, dan lemak) dan mengevaluasi sifat organoleptik yogurt susu sapi yang ditambahkan sari buah Kalamansi (Citrofortunella microcarpa). Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan yaitu P0: Plain yogurt (tanpa tambahan sari Kalamansi) sebagai kontrol, P1: Plain yogurt ditambahkan sari Kalamansi 10%, P2: Plain yogurt ditambahkan sari Kalamansi 15%, P3: Plain yogurt ditambahkan sari Kalamansi 20%. Variabel yang diamati yaitu Vitamin C, pH, Protein, Lemak, dan Sifat Organoleptik (warna, aroma, rasa, tekstur, rasa jeruk, dan aroma jeruk). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap vitamin C, berpengaruh tidak nyata terhadap pH dan protein, dan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap lemak. Pada uji hedonik yang paling disukai yaitu P2 dengan penambahan sari Kalamansi 15% yaitu pada warna dan aroma, Untuk rasa yang paling disukai yaitu pada P3 dengan penambahan sari Kalamansi 20%. Untuk tekstur yang paling disukai yaitu pada P0 tanpa penambahan sari Kalamansi. Untuk rasa jeruk dan aroma jeruk yang paling disukai yaitu P1 dengan penambahan sari Kalamansi 10%. Dapat disimpulkan yogurt yang ditambahkan sari Kalamansi lebih tinggi menurunkan kadar vitamin C dari 6,05 mg/100 g pada P1 menjadi 3,03 mg/100 g pada P2 dan pH dari 6,38 pada P2 menjadi 6,23 pada P3 tetapi tidak pada kadar protein dan kadar lemak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:11
Last Modified: 09 Oct 2023 06:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16807

Actions (login required)

View Item View Item