KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN DI KOTA BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN SEMEN BEKU SAPI BALI PRODUKSI BALAI BESAR INSEMINASI BUATAN (BBIB) SINGOSARI

Sion, Hasiholi Berasa and Tatik, Suteky and Dwatmadji, Dwatmadji (2020) KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN DI KOTA BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN SEMEN BEKU SAPI BALI PRODUKSI BALAI BESAR INSEMINASI BUATAN (BBIB) SINGOSARI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRPSI SION H BERASA 2020.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Inseminasi Buatan adalah teknik perkawinan dengan memasukkan semen segar atau semen beku ke dalam saluran reproduksi Sapi betina menggunakan alat yang dibuat oleh manusia. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki mutu genetik ternak, menghindari penyebaran penyakit kelamin dan meningkatkan jumlah keturunan dari pejantan unggul. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan inseminasi buatan di Kota Bengkulu dengan menggunakan Semen Beku Sapi Bali Produksi Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari. Lokasi penelitian dipilih secara purposive (ditentukan) yaitu daerah yang ada program inseminasi buatan (IB) dengan menggunakan semen beku produksi Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari yaitu di Kota Bengkulu. Penelitian ini telah dilaksanakan pada Bulan November 2019 - Januari 2020. Data yang dikumpulkan dalam penelitian iniadalah data kepemilikan sapi betina, Karakteristik inseminator, Non Return Rate (NRR), Service Per Conception (S/C), Conception Rate (CR), Calving Rate (CvR). Data yang diperoleh ditabulasi dan disajikan dalam bentuk tabel lalu dibahas secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan inseminasi buatan di kota Bengkulu dengan menggunakan semen beku sapi Bali produksi Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari pada Tahun 2018 sudah baik dengan rata-rata nilai Non Return Rate (NRR) 88,55%, Service Per Conception (S/C) 1,7 ± 0,1, Conception Rate (CR) 70,22%, dan Calving Rate (CvR) 68,56%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:31
Last Modified: 09 Oct 2023 06:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16810

Actions (login required)

View Item View Item