KARAKTERISITIK MEKANIS DAN DAYA SERAP BIOPLASTIK BERBAHAN PATI BIJI DURIAN DENGAN PENAMBAHAN CARBOXYMETHYL CELLULOSE (CMC)

Agnesia, Frisca Damayanti and Hasanuddin, Hasanuddin and Tuti, Tutuarima (2020) KARAKTERISITIK MEKANIS DAN DAYA SERAP BIOPLASTIK BERBAHAN PATI BIJI DURIAN DENGAN PENAMBAHAN CARBOXYMETHYL CELLULOSE (CMC). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (thesis)
SKRIPSI AGNESIA FRISCA DAMAYANTI E1G016032 PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Bioplastik adalah plastik biodegradable yang dapat diuraikan oleh mikroorganisme dari senyawa yang diturunkan tanaman seperti pati, selulosa, dan liginin. Pati merupakan cadangan makanan yang paling mudah ditemukan karena berasal dari tanaman sebagai hasil fotosintetis yang disimpan dibagian-bagian tertentu. Salah satu bagian tanaman yang berpotensi sebagai penghasil pati untuk bahan dasar bioplastik adalah biji durian. Biji durian merupakan bahan yang memiliki kandungan pati cukup tinggi sehingga dapat menjadi pertimbangan sebagai pengganti sifat pati yang dibutuhkan. Pati memiliki kemampuan hidrofilik yang kuat dan karakteristik mekanis yang lebih buruk dibandingkan plastik sintetik sehingga perlu ditambah bahan yang mampu memperbaiki sifat bioplastik seperti Carboxymethyl Cellulose (CMC). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penambahan CMC terhadap karakteristik mekanis dan daya serap serta kemampuan biodegradasi bioplastik berbahasn pati biji durian. Bahan utama dalam penelitian ini yaitu pati biji durian dan CMC. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan persentase penambahan CMC sebagai perlakuan. Persentase CMC yang digunakan yaitu 0, 25, 30, 35, dan 40 dengan 3 kali pengulangan. Uji yang dilakukan pada bioplastik adalah karakteristik mekanis, daya serap, dan biodegradasi. Data yang didapat dianalisis dengan metode ANOVA dan uji DMRT menggunakan perangkat lunak SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan CMC berpengaruh nyata terhadap karakteristik mekanis dan daya serap bioplastik. Semakin banyak penambahan CMC, maka semakin tinggi pula nilai yang dihasilkan. Nilai karakteristik mekanis yaitu kuat tarik dan elongasi memiliki nilai berkisar antara 2539,67-5088,88 N/m2 serta 7,14-80,47%. Nilai kemampuan daya serap air berkisar antar 0,41-7,53%. Biodegradasi tercepat yaitu pada hari ke-11 dengan penambahan CMC 40%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:51
Last Modified: 09 Oct 2023 06:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16815

Actions (login required)

View Item View Item