LESTARI, NOVA SASRINDA and Irwan, Koto and Sutarno, Sutarno (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERORIENTASI PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MATERI TEKANAN UNTUK SISWA KELAS VIII. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Skripsi Nova Sasrinda Lestari_A1M018023_P.IPA.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) bertujuan untuk mengembangkan produk Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Materi Tekanan untuk Siswa Kelas VIII. Penelitian dilakukan di SMPN 05 Mukomuko. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D yaitu Define, Design, Develop, Disseminate, namun pada penelitian hanya dibatasi pada tahap Develop. Tahap Define terdiri atas observasi, wawancara, dan analisis kebutuhan pengembangan. Tahap Design terdiri atas rancangan awal Media Pembelajaran Interaktif (MPI) dan kisi-kisi instrument validasi MPI. Sedangkan pada tahap Develop terdiri atas validasi MPI oleh ahli dan uji coba penggunaan secara terbatas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh total rata-rata skor Aiken adalah 0,85 dengan kategori validitas tinggi/layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan masih masing skor 0.79 oleh ahli materi dan 0,92 oleh ahli media. Sedangkan uji keterbacaan produk oleh guru memperoleh persentase rata-rata 99,6% dengan kategori sangat baik. Selain itu respon siswa terhadap MPI yang dikembangkan memperoleh persentase rata-rata sebesar 91,5% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: Media, Media Pembelajaran Interaktif, Tekanan
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 01:51 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 01:51 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16841 |
Actions (login required)
View Item |