PENGARUH PENGGUNAAN KITOSAN DARI CANGKANG KEONG MAS SEBAGAI EDIBLE COATING TERHADAP KARAKTERISTIK DUKU (Lansium domesticum) SELAMA PENYIMPANAN

Maruli, Sinamo and Devi, Silsia and Syafnil, Syafnil (2022) PENGARUH PENGGUNAAN KITOSAN DARI CANGKANG KEONG MAS SEBAGAI EDIBLE COATING TERHADAP KARAKTERISTIK DUKU (Lansium domesticum) SELAMA PENYIMPANAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi E1G018004 Maruli Sinamo.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Duku (Lansium domesticum) merupakan buah yang sangat mudah rusak karena kulitnya akan berwarna coklat dalam 4 atau 5 hari setelah dipanen sehingga diperlukan penanganan pascapanen yang tepat. Salah satu kendala dalam pemenuhan permintaan buah duku adalah rusaknya buah duku sebelum sampai ke tempat tujuan atau sebelum dikonsumsi. Besarnya kerusakan tersebut, dikarenakan sifat buah-buahan yang mudah mengalami kerusakan atau pembusukan serta iklim tropis yang merugikan bagi daya tahan simpan buah, juga karena penanganan pascapanen yang belum memadai. Buah duku memiliki sifat yang mudah rusak terutama karena kondisi lingkungan yang tidak tepat, seperti suhu tinggi dan udara lembab. Salah satu solusi yang bisa digunakan untuk memperpanjang umur simpan duku dengan biaya relatif murah adalah pelapisan buah duku dengan kitosan. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap Faktorial yang terdiri atas dua faktor. Faktor pertama yaitu penggunaan kitosan dengan kosentrasi 1%, 2%, 3%, dan 4%. Faktor kedua yaitu metode pelapisan edible coating yaitu perendaman dan penyemprotan. Terdapat 8 kombinasi perlakuan dengan 3 kali ulangan. Parameter uji terdiri atas uji fisik (susut bobot, warna, kadar air, dan tekstur) dan uji kimia (total padatan terlarut, vitamin C, dan total asam). Data hasil pengujian fisik dan kimia dianalisis menggunakan metode Analysis of Variance (ANOVA) dan uji lanjut Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kitosan cangkang keong mas sebagai edible coating dan metode pelapisan edible coating berpengaruh nyata terhadap kadar air, tekstur, warna, susut bobot, total padatan terlarut, vitamin C, dan total asam buah duku. Warna buah duku dengan pelapisan edible coating mampu mempertahankan warna hingga hari ke-4. Penggunaan kitosan cangkang keong mas sebagai edible coating mempertahankan karakteristik dan umur simpan duku sampai 6 hari dengan konsentrasi kitosan 4% dan metode aplikasi perendaman.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:22
Last Modified: 10 Oct 2023 02:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16847

Actions (login required)

View Item View Item