PENGEMBANGAN E-MODUL IPA TERPADU UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA SMP PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN

HUSNA, NURUL and Sutarno, Sutarno and Euis, Nursaadah (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA TERPADU UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA SMP PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI NURUL HUSNA A1M018022 pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan e-modul IPA Terpadu untuk melatihkan keterampilan generik sains siswa pada materi energi dalam sistem kehidupan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang pada penerapannya dibatasi menjadi 3D yaitu define, design, dan development. Hasil analisis angket kebutuhan guru di sekolah tersebut didapatkan persentase rata-rata sebesar 91% dengan kategori “sangat setuju”, sedangkan hasil analisis angket kebutuhan siswa di sekolah tersebut didapatkan persentase rata-rata sebesar 86% dengan kategori “sangat setuju”. Berdasarkan hasil yang didapat melalui penyebaran angket kebutuhan guru dan siswa tersebut bahwa e-modul yang dikembangkan sangat dibutuhkan oleh guru dan siswa di sekolah tersebut. Hasil validasi ahli materi terhadap produk akhir e-modul diperoleh persentase skor rata-rata sebesar 87,5% dengan kategori “sangat layak”, sedangkan pada validasi ahli media terhadap produk akhir e-modul diperoleh persentase skor rata-rata sebesar 100% dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji keterbacaan produk oleh guru diperoleh persentase skor rata-rata sebesar 88% dengan kategori “sangat layak”, sedangkan hasil uji keterbacaan produk oleh siswa diperoleh persentase skor rata-rata sebesar 86,5% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji keterbacaan guru dan siswa yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan sudah ”sangat layak” untuk dilanjutkan pada uji coba lapangan. Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, E-modul, Keterampilan Generik Sains.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:41
Last Modified: 10 Oct 2023 02:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16850

Actions (login required)

View Item View Item