ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERORIENTASI PADA PEMECAHAN MASALAH SMPN 4 KOTA BENGKULU KELAS VIII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Oktavitriani, Oktavitriani and Bhakti, Karyadi and Indra, Sakti (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERORIENTASI PADA PEMECAHAN MASALAH SMPN 4 KOTA BENGKULU KELAS VIII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI OKTAVITRIANI ok.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa berorientasi pada pemecahan masalah SMP N 4 Kota Bengkulu kelas VIII pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 SMP N 4 Kota Bengkulu dengan jumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes berupa soal essay sebanyak lima butir soal pada materi pencemaran lingkungan. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu pengolahan statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis pada indikator memberikan penjelasan sederhana memiliki persentase sebesar 83,79% dengan kriteria sangat baik, indikator membangun keterampilan dasar memiliki persentase sebesar 76,34% dengan kriteria baik, indikator menyimpulkan memiliki persentase sebesar 80,64% dengan kriteria sangat baik, indikator memberikan penjelasan lanjut memiliki persentase sebesar 62,36% dengan kriteria baik, dan indikator mengatur strategi dan teknik memiliki persentase sebesar 59,13% dengan kriteria cukup. Kemampuan berpikir kritis siswa berorientasi pada pemecahan masalah kelas VIII SMP N 4 Kota Bengkulu secara keseluruhan memiliki hasil persentase sebesar 72,45% yang termasuk pada kriteria “Baik”, Artinya siswa telah memahami materi tentang pencemaran lingkungan yang telah dipelajari, sehingga siswa dapat menjawab soal dengan baik dan benar sesuai dengan indikator berpikir kritis dalam pemecahan masalah. Kata kunci: berpikir kritis, pencemaran lingkungan, pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:55
Last Modified: 10 Oct 2023 02:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16851

Actions (login required)

View Item View Item