PENGARUH JENIS KEMASAN DAN LAMA SIMPAN TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK, KIMIA, DAN MIKROBIOLOGI BEKASAM INSTAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Nuraini, Nuraini and Wuri, Marsigit and Hasanuddin, Hasanuddin (2022) PENGARUH JENIS KEMASAN DAN LAMA SIMPAN TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK, KIMIA, DAN MIKROBIOLOGI BEKASAM INSTAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI NURAINI E1G018001.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Bekasam merupakan salah satu produk ikan yang difermentasi, rasanya asam dan telah banyak dikenal di berbagai daerah, salah satunya di Kabupaten Kaur. Bekasam ini memiliki kelemahan yaitu umur simpan yang relatif pendek. Salah satu cara untuk membuat bekasam tahan lama yaitu dengan membuat bekasam bentuk instan yang dikemas dengan plastik standing pouch. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh jenis kemasan dan lama simpan terhadap karakteristik bekasam instan ikan nila (Oreochromis niloticus). Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitan ini terdiri dari dua faktor. Faktor pertama jenis kemasan yaitu kemasan standing pouch alumunium foil, kemasan standing pouch polypropylene dan kemasan standing pouch metalized plastic. Faktor kedua lama penyimpanan yaitu hari ke-7, ke-14, ke-21 dan ke-28. Masing-masing perlakuan dilakukan 3 kali ulangan sehingga diperoleh 36 unit percobaan, dengan parameter uji fisik meliputi kadar air dan warna. Uji kimia meliputi pH dan kadar protein sedangkan uji mikrobiologi meliputi Total Plate Count (TPC). Proses pembuatan bekasam instan berawal dari ikan yang difermentasi selama 7 hari (bekasam basah), penghalusan dengan blender, pengovenan selama 24 jam pada suhu 65 oC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kemasan hanya berpengaruh nyata terhadap nilai pH bekasam instan. Bekasam instan dengan kandungan protein tertinggi yaitu 73,23%, kadar air terendah yaitu 8,00%, jumlah koloni terendah yaitu 3,5×104 diperoleh pada perlakuan kemasan plastik standing pouch alumunium foil. pH terendah bekasam instan yaitu dengan nilai 3,7 sedangkan pH tertinggi yaitu dengan nilai 4,5. Warna bekasam instan yang paling cerah terdapat pada perlakuan kemasan plastik standing pouch alumunium foil pada hari ke-0 dengan nilai 2,5Y 8/3 sedangkan warna yang gelap yaitu pada bekasam instan perlakuan kemasan standing pouch metalized plastic dengan nilai 5Y 6/3. Jenis kemasan (K) memberikan pengaruh nyata terhadap nilai pH bekasam instan dan lama penyimpanan (T) berpengaruh nyata terhadap kadar air, warna, nilai pH, kadar protein dan total mikroba. Jenis kemasan terbaik yaitu plastik standing pouch alumunium foil.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:24
Last Modified: 10 Oct 2023 03:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16854

Actions (login required)

View Item View Item