PENGUASAAN TANAH HPL OLEH MASYARAKAT (STUDIKASUSPENGUASAANTANAHHPLOLEHMASYARAKAT PERUMAHANPERUMNASUNIBKELURAHANBENTIRINGPERMAI, KECAMATANMUARABANGKAHULUKOTABENGKULU)

Rafki, Duran and Herawan, Sauni and Hamdani, Maakir (2022) PENGUASAAN TANAH HPL OLEH MASYARAKAT (STUDIKASUSPENGUASAANTANAHHPLOLEHMASYARAKAT PERUMAHANPERUMNASUNIBKELURAHANBENTIRINGPERMAI, KECAMATANMUARABANGKAHULUKOTABENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI RAFKI DURAN (B1A017220).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang penguasaan tanah HPL oleh masyarakat (studi kasus penguasaan tanah HPL oleh masyarakat perumahan Perumnas UNIB kelurahaan Bentiring Permai kecamatan Muara Bangka Hulu kota Bengkulu) dengan mengunakan penedekatan kualitatif deskriptif, yaitu dengan mengadakan analisis data secara induktif dan bersifat deskriptif dengan mengungkap fakta yang ada dilapangan untuk memberikan gambaran tentang permasalahan yang terjadi di lapangan. Teori Kepastian Hukum digunakan untuk memahami dan menganalisis permasalah penelitian ini. Penentuan informan dilakukan secara purposivel sampling dengan menemui pihak-pihak yang berwenang terkait dengan tanah HPL, serta masyarakat yang tinggal di perumahan Perumnas UNIB kelurahaan Bentiring Permai kecamatan Muara Bangkahulu kota Bengkulu. Data diperoleh melalui wawancara mendalam yang bersifat terbuka dan dilakukan tanpa ada rasa kecurigaan satu sama lain, dimana wawancara dilakukan tanpa ada intimidasi dari pewawancara, serta dokumentrasi berupa foto dan dokumen penunjang penelitian lainnya. Data diolah melalui prose reduksi data, dan memfokuskannya pada hal-hal penting yang berkaitan dengan penelitian, kemudian data disajikan dalam bentuk teks yang bersifat naratif, dan terakhir adalah melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejatinya masyarakat di lingkungan perumnas UNIB memahami dengan baik apa yang dimaksud dengan tanah HPL dimana mereka sangat memahami bahwa mereka hanya memiliki hak untuk mengelola dan mengambil keuntungan atas usaha yang mereka lakukan di atas tanah tersebut namun mereka tidak akan dapat mengambil hak dan menjadikan tanah tersebut sebagai hak milik pribadinya selama belum ada serah terima antar pihak Perum perumnas dengan masyarakat yang mengelola tanah tersebut melalui hibah, jual beli, ganti rugi maupun metode serah terima lainnya, untuk itu mereka siap untuk membeli tanah yang bersangkutan jika memang suatu saat nanti pihak Perum perumnas menjual lahan tersebut. Terkait dengan SKT mereka juga memahami bahwa SKT hanyalah menjadi salah satu sarat pengajuan tanah ke BPN dan meskipun saat ini mereka telah memiliki SKT namun mereka masih belum bisa memiliki sertipikat sebagai bukti bahwa mereka meruan pemilik sah atas tanah tersebut. Kata kunci : Pemahaman, Masyarakat, Penguasaan, Tanah HPL

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:38
Last Modified: 10 Oct 2023 08:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16881

Actions (login required)

View Item View Item