GINTING, ALIYA MONIKA BR and Saleh, Haji and Hari, Sumardi (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD BERBANTUAN MIND MAPPING DI KELAS 8 SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
ALIYA MONIKA BR GINTING_A1C018056_PENDIDIKAN MATEMATIKA_SKRIPSI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir reflektif peserta didik melalui model Cooperative Learning tipe STAD berbantuan Mind Mapping di Kelas 8 SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII G yang berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H berjumlah 19 orang sebagai kelas kontrol. Pelaksanaan penelitian dilakukan 3 kali pertemuan pembelajaran untuk masing-masing kelas sampel. Data hasil penelitian menunjukkan untuk hasil belajar menggunakan uji-t didapatkan nilai maka disimpulkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir reflektif peserta didik melalui model Cooperative Learning Tipe STAD berbantuan Mind Mapping di kelas 8 SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Kata kunci: Berpikir Reflektif, Cooperative Learning Tipe STAD, Mind Mapping
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 01:35 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 01:35 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16886 |
Actions (login required)
View Item |