DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

EPRAN, EPRAN and Teddy, Alfra Siagian and Tria, Utari (2022) DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C018012_EPRAN_SKRIPSI.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan serta faktor�faktor penyebab yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal uraian aritmetika sosial pada materi keuntungan dan kerugian. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes diagnostik dan wawancara diagnostik. Subjek penelitian ini ialah kelas VII-B SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 29 peserta didik. Tes diagnostik berupa ujian tertulis yang terdiri dari 3 soal uraian yang telah valid berdasarkan validasi oleh validator dengan perhitungan Aiken’s V. Tes diagnostik diberikan kepada seluruh peserta didik, sedangkan wawancara diagnostik dilakukan kepada peserta didik yang melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal tes yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) jenis-jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik berupa kesalahan konsep dengan rata-rata 22,7% , kesalahan interpretasi bahasa dengan rata-rata 29,3%, kesalahan prosedur dengan rata-rata 69% , dan kesalahan berhitung dengan rata-rata 63%, 2) faktor penyebab yang dilakukan peserta didik sehingga melakukan kesalahan pada saat mengerjakan soal tes yang diberikan yaitu, faktor internal sebesar 60% yakni intelegensi, minat, motivasi serta kesehatan, serta faktor eksternal 48% yakni, lingkungan, sarana sekolah, dan keluarga. Kata Kunci : Deskriptif, Diagnosis Kesalahan Siswa, Kualitatif, Soal Uraian.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:28
Last Modified: 11 Oct 2023 02:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16889

Actions (login required)

View Item View Item