ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS AKM KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

ANGGRAINI, NORA PIKA and Teddy, Alfra Siagian and Ringki, Agustinsa (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS AKM KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_A1C018019_ Nora Pika Anggraini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kemampuan berpikir kritis matematis dalam menyelesaikan soal berbasis AKM kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. kemampuan berpikir kritis terdiri dari 4 indikator yaitu: (1) interpretasi, (2) analisis, (3) evaluasi, dan (4) inferensi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu 30 orang siswa kelas VIII SMPN 1 Kota Bengkulu pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis dalam menyelesaikan soal berbasis AKM kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu adalah 31,42% (rendah) . Sebaran tingkat kemampuan berpikir kritis pada setiap kategorinya yaitu: 1) kategori tinggi 1 siswa (3,33% ), 2) kategori sedang ada 2 siswa (6,67%), 3) kategori rendah ada 21 siswa (70%) 4) kategori sangat rendah ada 6 siswa (20%). Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa adalah dengan cara pemilihan model dan metode pembelajaran yang tepat untuk kemampuan berpikir kritis matematis. Kata Kunci :AKM, Facione, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:49
Last Modified: 11 Oct 2023 02:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16891

Actions (login required)

View Item View Item