DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU

RISQIA, REGITA PUTRI and Edi, Susanto and Ringki, Agustinsa (2022) DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C018006_Regita Putri Risqia_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. 2) Mengetahui faktor�faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Data dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik yaitu (1) kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal lingkaran sebagai berikut: a) sebanyak 8 atau 42% peserta didik mengalami kesalahan konsep: b) sebanyak 8 atau 38% mengalami kesalahan operasi hitung: c) sebanyak 10 atau 52% peserta didik mengalami kesalahan prosedur pengerjaan. (2) Faktor-faktor penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal lingkaran sebagi berikut: a) Faktor internal adalah faktor dari dalam peserta didik itu sendiri yaitu sebanyak 15 atau 75% peserta didik meliputi intelegensi, minat dan motivasi: b) Faktor eksternal adalah faktor dari keadaan lingkungan peserta didik yaitu sebanyak 5 atau 25% peserta didik meliputi lingkungan keluarga, sarana sekolah dan teman. Kata Kunci: kesalahan, diagnosis. lingkaran, deskriptif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:02
Last Modified: 11 Oct 2023 03:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16892

Actions (login required)

View Item View Item