ANALISIS USAHA PENGOLAHAN IKAN TUHUK DI KABUPATEN PESISIR BARAT PROVINSI LAMPUNG (Studi Kasus Usaha Penggilingan Ikan Tuhuk)

Dwijaya, Aldi Satria and Izharuddin, Izharuddin and Mochammad, Agoes Hermanto (2023) ANALISIS USAHA PENGOLAHAN IKAN TUHUK DI KABUPATEN PESISIR BARAT PROVINSI LAMPUNG (Studi Kasus Usaha Penggilingan Ikan Tuhuk). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIKS ALDI SATRIA DWIJAYA PDF_compressed (1) - Aldi Satria Dwijaya.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Analisis usaha untuk industri kecil dan menengah amat penting dilakukan karena selain untuk dapat memahami dan mengetahui kondisi bisnisnya saat ini dan masa mendatang dengan analisis usaha diharapkan dapat imendorong manajemen indstri mengambil keputusani jangka pendeki dan jangka panjang, serta mampu menjawab tantangan dalam pasar ekonomi. Penggilingan ikan tuhuk sendiri merupakan salah satu usaha pengolahan ikan laut yang sudah ada di pesisir barat dimana usaha ini mengolah ikan segar dengan cara digiling kemudian dicampur dengan bumbu bumbu lainnya yang kemudian menjadi produk siap konsumsi dan dipasarkan kepada konsmen. Usaha penggilingan ikan tuhuk ini tentu saja memiliki nilai positif selain dapat meningkatkan pendapataan masyarakat usaha ini juga dapat menampung hasil tangkapan nelayan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis usaha pengolahan ikan tuhuk di kabupaten pesisir barat, dalam penelitian ini akan menghitung total biaya produksi, total pendapatan, keuntungan, R/C ratio dan Break event Point. Kemudian akan diketahui apakah usaha tersebut layak dijalankan atau tidak. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. kuesioner, dan wawancara. Metode Pengambilan sampel menggunakan metode sensus yaitu jumlah populasi sama dengan sampel yaitu empat usaha penggilingan berdasarkan data yang dieroleh dari dinas koperasi industri dan perdagangan Kabupaten Pesisir Barat. Hasil penelitian menunjukkan rata rata total biaya sebesar Rp. 71.108.544,8/bulan , dengan total penerimaan rata rata Rp. 119.775.000/bulan serta memperoleh rata rata keuntungan Rp 48.666.455,3/bulan , dengan BEP berdasarkan unit produksi sebanyak 1.027,3/bulan dan BEP atas dasar harga sebesar Rp 52.835,75/Kg. Serta tingkat R/C ratio sebesar 1,55 yang berarti usaha ini layak untuk dijalankan. Kata Kunci: Break Event Point , Keuntungan , R/C ratio, Total Biaya Produksi, Total Pendapatan,

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:52
Last Modified: 11 Oct 2023 03:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16897

Actions (login required)

View Item View Item