PENGGUNAAN SISTEM TRANSAKSI NON TUNAI QRIS MELALUI PENDEKATAN EKONOMI MIKRO STUDI KASUS : (MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BENGKULU)

Kurniawan, Aditya and Esti, Pasaribu and Ratu, Agoes Hermanto (2023) PENGGUNAAN SISTEM TRANSAKSI NON TUNAI QRIS MELALUI PENDEKATAN EKONOMI MIKRO STUDI KASUS : (MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FINAL ADITYA - Aditya Kurniawan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi mahasiswa akan penggunaan transaksi non tunai. Penelitian ini bermanfaat untuk menentukan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa akan layanan pembayaran dengan menggunaan QRIS dan apakah sistem pembayaran digital ini memberikan tingkat kepuasaan yang lebih tinggi daripada pembayaran secara tunai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif asosiatif. Data diperoleh dari kuisioner melalui google form dan wawancara mendalam ke mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu. Teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling. Tanggapan dari responden dalam indikator menggunakan analisis deskriptif dan data diolah menggunakan tingkat kepuasan berdasarkan indeferent curve. Berdasarkan kurva indeferen dapat disimpulkan bahwa kepuasan pengguna QRIS lebih tinggi dari penggunaan uang tunai pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu dilihat dari kenaikan kurva yang ada pada titik IC1,IC2,IC3 sebagai tingkatan kepuasan penggunaan nya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persepsi kemudahan dan efisiensi memiliki pengaruh positif untuk menarik minat mahasiswa dalam penggunaan QRIS, sedangkan persepsi risiko tidak mempengaruhi minat mahasiwa dalam menggunakan metode pembayaran QRIS. Lebih jauh lagi, ditemukan juga bahwa kepuasan mahasiswa melakukan pembayaran menggunakan QRIS dalam bertransaksi lebih tinggi daripada secara tunai. Berdasarkan tingginya tingkat kepuasan mahasiswa dalam penggunaan QRIS, maka diperlukan sosialisasi penggunaan QRIS yang lebih luas, khususnya kepada UMKM dan pelaku usaha. Selain itu, BI sebagai penyedia layanan QRIS dapat terus meningkatkan layanan, khususnya dari sisi kemudahan dan efisiensi layanan Qris karena kedua hal tersebut yang paling mempengaruhi persepsi masyarakat akan penggunaan sistem pembayaran digital. Penelitian ini perlu diteliti lebih dalam dengan memasukkan unsur kepuasan optimum dan garis anggaran. Selain itu, peneliti selanjutnya juga bisa memperluas cakupan penelitian terhadap semua fakultas yang ada di Universitas Bengkulu. Kata Kunci :Kepuasan,Minat,QRIS

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:56
Last Modified: 11 Oct 2023 03:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16898

Actions (login required)

View Item View Item