PENGEMBANGAN LKPD MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII

YOLA, SONYA VERA and Nurul, Astuty Yensy B and Teddy, Alfra Siagian (2022) PENGEMBANGAN LKPD MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C018036_SONYA VERA YOLA_SKRIPSI_2022.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD model Problem Based Learning berorientasi pemecahan masalah matematis untuk peserta didik kelas VIII yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII H dan VIII B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD model PBL berorientasi pemecahan masalah matematis untuk peserta didik kelas VIII memenuhi kriteria: (1) Valid berdasarkan kecenderungan hasil penilaian validator pada aspek materi, konstruksi, dan bahasa. (2) Praktis berdasarkan kecenderungan penilaian kepraktisan oleh peserta didik. (3) Efektif berdasarkan ketuntasan klasikal peserta didik yaitu 81,84% atau 22 dari 27 peserta didik telah memperoleh skor ≥ 68, berdasarkan uji t-paired test yaitu nilai p-value 0,000 < 0,05, dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berdasarkan nilai N-Gain yaitu 0,72 dengan kategori tinggi. Kata Kunci: LKPD, Pemecahan Masalah Matematis, Penelitian Pengembangan, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:28
Last Modified: 11 Oct 2023 04:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16902

Actions (login required)

View Item View Item