SIMANUNGKALIT, FEBBY SRIAGUSTINA BR and Teddy, Alfra Siagian and Nurul, Astuty Yensy (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PELITA KASIH KOTA BENGKULU PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
FEBBY SRIAGUSTINA SIMANUNGKALIT_Skripsi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Pelita Kasih Kota Bengkulu pada materi segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif (Descriptive Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pelita Kasih Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 21 siswa. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata 47,3 dengan 3 kriteria kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu kriteria tinggi dengan persentase 9,52%, kriteria sedang dengan persentase 19,05% dan kriteria rendah dengan persentase 71,43% sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Pelita Kasih tergolong rendah. Implikasi dari penelitian ini adalah guru memperbanyak literatur dalam proses pembelajaran dan peserta didik memiliki buku pegangan atau buku siswa agar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui materi yang ada pada buku tersebut. Kata kunci : Analisis, Deskriptif, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Segiempat dan Segitiga
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 06:52 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 06:52 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16906 |
Actions (login required)
View Item |