HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA IDHATA KOTA BENGKULU

Ranayuni, Desti and Machyudin, Agung and Khairil, Buldani (2010) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA IDHATA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
DESTY RANAYUNIi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (616kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa, mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa SMA Idhata Kota Bengkulu dan mengetahui hubungan komunikasi interpersonal guru dengan peningkatan prestasi belajar siswa SMA Idhata Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Idhata Kota Bengkulu tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 53 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling, dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik penyebaran kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan bantuan pengukuran dengan skala Likert, dan untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Hasil penelitian diketahui bahwa Pada umumnya komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru SMA Idhata Kota Bengkulu dapat dikatakan sedang/cukup baik, dimana intensitas komunikasi yang dilakukan oleh guru dengan anak, pesan yang disampaikan, sikap menerima, empati terhadap permasalahan anak, dan dukungan guru terhadap penyelesaian masalah anak yang telah berjalan dengan cukup baik. Peningkatan prestasi belajar secara umum telah cukup baik/sedang, dimana kemampuan mengingat, kemampuan memahami, kemampuan penerapan, menganalisa, menanggapi, meniru, dan melakukan tugas sesuai prosedur dapat berjalan dengan baik. Terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal guru dengan prestasi siswa SMA Idhata Kota Bengkulu, dengan hasil hitung t hitung sebesar 3,20, sementara t tabel 2,008. Adapun tingkat hubungan antara komunikasi interpersonal guru dengan prestasi siswa SMA Idhata Kota Bengkulu rendah atau lemah, tapi pasti. Komunikasi interpersonal guru memberikan sumbangan keterlibatan/pengaruh sebesar 30% terhadap variabel prestasi siswa SMA Idhata Kota Bengkulu. Sementara sisanya sebesar 70% berhubungan dengan faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Nov 2013 10:36
Last Modified: 19 Nov 2013 10:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1692

Actions (login required)

View Item View Item