SOLIYA, DAMAR and Teddy, Alfra Siagian and Tria, Utari (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Skripsi_Damar Soliya (A1C018061).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (10MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis Discovery Learning pada Materi Garis dan Sudut di Kelas VII SMP N 11 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan 4 tahapan model pengembangan 4D, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Instrument penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan dan soal tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Validasi LKPD dilakukan oleh tiga orang validator. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning termasuk dalam kategori : (1) valid berdasarkan 37 aspek penilaian yang terdiri dari 10 aspek penilaian materi, 19 aspek penilaian kontruksi dan 8 aspek penilaian bahasa dengan rata-rata skor 0,79 berada pada kategori baik. (2) Sangat praktis dari 15 aspek penilaian dengan rata-rata skor 4,3 berada pada kategori sangat baik. (3) Efektif dari hasil ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu minimal 80% dengan memperoleh nilai ≥ 70 dan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan N-Gain sebesar 0,7568 berada pada kategori “tinggi”. Kata Kunci: LKPD, Penelitian Pengembangan, Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 09:12 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 09:12 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16941 |
Actions (login required)
View Item |