PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PEMECAHAN MASALAH LANGKAH POLYA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LINGKARAN SMP

ILLAHI, KURNIA and Nurul, Astuty Yensy B and Teddy, Alfra Siagian (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PEMECAHAN MASALAH LANGKAH POLYA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LINGKARAN SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_KURNIA ILLAHI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik pemecahan masalah langkah polya berbasis model discovery learning pada materi lingkaran SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan 3 tahapan dari model pengembangan 4D, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menghasilkan lembar kerja peserta didik pemecahan masalah langkah polya berbasis model discovery learning pada materi lingkaran SMP memenuhi kriteria: (1) Valid berdasarkan 36 aspek penilaian yang terdiri dari 14 aspek penilaian materi , 15 aspek penilaian konstruksi, dan 7 aspek penilaian bahasa dengan memperoleh kecendrungan pada kategori valid. (2) Praktis berdasarkan 14 aspek penilaian dengan memperoleh kecendrungan pada kategori praktis. (3) Efektif berdasarkan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu sebesar 84% peserta didik yang tuntas dengan memperoleh nilai ≥ 70 dan hasil perhitungan N-gain kemampuan pemecahan masalah matematis dengan rata-rata N-gain 0,712 berada pada kategori “Tinggi”. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian Pengembangan, Discovery Learning

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Oct 2023 01:29
Last Modified: 13 Oct 2023 01:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16944

Actions (login required)

View Item View Item