PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU HALAMAN SAMPUL

LORENZA, NANDA and Hanifah, Hanifah and Agus, Susanta (2022) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU HALAMAN SAMPUL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_NANDA LORENZA_A1C018058.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

berbantuan alat peraga terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pre-test – Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling, dimana kelas VIII B sebagai kelas penelitian dengan banyak siswa 33 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk soal uraian. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < taraf signifikan (∝) = 0,05 dengan rata-rata hasil pre-test siswa adalah 37,88 dan rata-rata hasil post-test siswa adalah 82,25. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan Pendekatan Saintifik Berbantuan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Alat Peraga, Pemahaman Konsep Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:30
Last Modified: 13 Oct 2023 02:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16951

Actions (login required)

View Item View Item