LORENZA, NANDA and Hanifah, Hanifah and Agus, Susanta (2022) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU HALAMAN SAMPUL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI_NANDA LORENZA_A1C018058.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
berbantuan alat peraga terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pre-test – Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling, dimana kelas VIII B sebagai kelas penelitian dengan banyak siswa 33 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk soal uraian. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < taraf signifikan (∝) = 0,05 dengan rata-rata hasil pre-test siswa adalah 37,88 dan rata-rata hasil post-test siswa adalah 82,25. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan Pendekatan Saintifik Berbantuan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Alat Peraga, Pemahaman Konsep Matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 02:30 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 02:30 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16951 |
Actions (login required)
View Item |